Warga Cirebon Happy, Tol Cisumdawu Bikin Perjalanan ke Bandung Serasa ke Kuningan Saja

Warga Cirebon Happy, Tol Cisumdawu Bikin Perjalanan ke Bandung Serasa ke Kuningan Saja

Perjalanan Bandung - Cirebon akan menjadi lebih singkat dengan adanya Tol Cisumdawu.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Warga Kota CIREBON dan sekitarnya tentu akan sangat senang, karena keberadaan Tol Cisumdawu bisa bukin perjalanan ke Bandung serasa ke Kabupaten Kuningan.

Loh kok bisa? Ya, perjalanan Cirebon - Bandung lewat Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan bakal menjadi sangat cepat, karena jarak tempuh yang semakin singkat.

Tanpa Jalan Tol Cisumdawu perjalanan dari Cirebon ke Bandung yang memutar lewat Jalan Tol Cipali - Cipularang, memakan waktu lebih dari 3 jam.

Meski sepenuhnya menggunakan akses tol, tetapi jarak tempuhnya mencapai 201 kilometer karena harus memutar dulu ke Subang dan Purwakarta.

BACA JUGA:PT KIC Belum Urus Izin Kawasan Industri di Losari, Eks Direkturnya Ditahan Polresta Cirebon

Tapi dengan adanya Tol Cisumdawu, perjalanan menjadi lebih singkat yakni hanya 100-an kilometer saja.

Jarak dari Kota Cirebon ke Junction Dawuan Kertajati hanya sekitar 50-an kilometer. Sedangkan dari Junction Dawuan ke Cileunyi juga hanya 62 kilometer saja.

Bahkan dengan kecepatan 80-an kilometer per jam saja, saat arus mudik perjalanan dari Cileunyi sampai Cirebon hanya butuh waktu sekitar 1 jam. 

Dengan waktu tempuh ini, tentu saja perjalanan Cirebon - Bandung menjadi sangat singkat dan serasa bepergian ke Kabupaten Kuningan saja.

BACA JUGA:PARAH! Rencana Pembangunan Kawasan Industri di Losari Ternyata Tidak Diketahui oleh Pejabat Berwenang

Progres Tol Cisumdawu

Seperti diketahui saat ini, pembangunan Tol Cisumdawu sudah 100 persen selesai dan akan beroperasi di Juli 2023.

"Mudah-mudahan semua PSN (proyek strategis nasional) di Jawa Barat lancar," kata Gubernur Jabar, saat mengunjungi Kantor PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) mendampingi Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Kang Emil menambahkan, keberadaan jalan tol dapat mempercepat mobilitas masyarakat. Kemudian meningkatkan distribusi logistik antar daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: