Tol Cisumdawu Dibuka Total Ketika Idul Adha dan Libur Panjang, Masih Nunggu Apa Lagi?

Tol Cisumdawu Dibuka Total Ketika Idul Adha dan Libur Panjang, Masih Nunggu Apa Lagi?

Tol Cisumdawu baru dibuka pada awal Juli 2023, padahal ada libur panjang dan Idul Adha di akhir Juni. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

BACA JUGA:Giliran Presiden Santri Al Zaytun Angkat Bicara, Simak Kata-katanya, Ada Pesan untuk Syekh Panji Gumilang

Sebagai contoh, Sabtu sore 24 Juni 2024 saja dari Cimalaka menuju ke Kadipaten yang jaraknya hanya “selemparan batu”, harus ditempuh selama dua jam lebih. Jalur itulah yang hingga kini belum bisa menggunakan jalan tol. 

Masyarakat memang menunggu operasional jalan tol sepanjang 61,75 KM. Karena jalan ini akan menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Sumedang dan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Tol Cisumdawu akan menjadi akses cepat menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka. Bandara kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Diprediksi perjalanan dari Cileunyi menuju Kertajati hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3 - 4 jam.

BACA JUGA:Warga Cirebon Happy, Tol Cisumdawu Bikin Perjalanan ke Bandung Serasa ke Kuningan Saja

Tol Cisumdawu juga telah menerapkan teknologi geofoam EPS, sebuah bahan konstruksi ringan yang dapat menahan longsor akibat tanah labil. 

Selain fungsi dan teknologi, Cisumdawu juga menawarkan pemandangan Gunung Geulis dan Gunung Manglayang yang ada di Kabupaten Sumedang. 

Tol Cisumdawu juga memberikan pengalaman berkendara yang unik. Karena pengendara akan melewati terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter yang membelah perut bukit Cigendel di Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 – Seksi 6 ( Cimalaka-Dawuan) sepanjang 29,3 km rampung pada pertengahan Juni 2023. Sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

BACA JUGA:Polisi Akan Pelajari Laporan DPP FAPP Terhadap Panji Gumilang Terkait Dugaan Penistaan Agama

Seksi 4-6 Tol Cisumdawu sebenarnya sempat dibuka secara fungsional saat mudik Lebaran 2023 lalu. Seksi 4 hingga 6 sudah hampir selesai semuanya, tinggal ada beberapa titik yang sedang proses finishing pada parapet dan aspalnya.

“Secara target kami harus selesaikan semua pada 15 Juni 2023. Tetapi secara fisik kami usahakan bisa selesai lebih cepat pada 12 Juni,” kata Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Triono Junoasmono.

Sehingga, katanya, Tol Cisumdawu siap dioperasikan dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini. Namun, mengapa tiba-tiba operasional total itu dibatalkan. Triono tidak menjelaskan soal itu.

Menurut Triono, untuk pekerjaan landscaping atau penghijauan akan diselesaikan seiring dengan berjalannya operasional Tol Cisumdawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: