Shandy Yuda Siskarteja Wafat, Perginya Sang Legenda Barongsai dari Cirebon

Shandy Yuda Siskarteja Wafat, Perginya Sang Legenda Barongsai dari Cirebon

Shandy Yuda Siskarteja wafat, pegiat Barongsai Singa Mas tersebut sempat disemayamkan di Rumah Duka Talang Kota Cirebon.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kota CIREBON kehilangan tokoh muda yang giat melestarikan dan mengembangkan Barongsai di Kota CIREBON.

Bisa dibilang, Shandy Yuda Siskarteja (36) adalah legenda Barongsai ari Kota Cirebon atas segala pencapaiannya di tingkat nasional maupun internasional.

Shandy Yuda selama ini dikenal sebagai sosok yang gigih melestarikan dan mengembangkan seni barongsai di Kota Cirebon, bersama ayahandanya Iyan Siskarteja.

Keduanya membangun Barongsai Singa Mas dan mampu menorehkan berbagai prestasi barongsai ditingkat nasional hingga internasional.

BACA JUGA:Sudah Sebulan, Kasus Guru SD Kota Cirebon Diduga Ajak Siswi ke Penginapan, Apa yang Sudah Dilakukan Polisi?

Warga Gambirlaya Selatan, Kecamatan Lemahwungkuk wafat tanggal 25 Juni 2023, dan setelah beberapa hari disemayamkan Rumah Duka Talang, Rabu, 28, Juni 2023 siang dikebumikan di Budi Dharma.

Tampak hadir Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati, Ketua KORMI Kota Cirebon Deddy Kenedi, Prabu Diaz dari Laskar Macan Ali, mahasiswa Akademi Maritim Cirebon (AMC), hingga personel Barongsai Singa Mas.

Wakil Walikota mengungkapkan rasa duka cita atas nama Pemerintah Kota Cirebon yang merasa kehilangan sosok Shandy Yudha Siskarteja.

“Bersama Pak Yan, Shandy anak muda yang punya kreativitas tinggi di Barongsai dan mampu memberdayakan anak-anak muda berlatih Barongsai Singa Mas,” tandasnya.

BACA JUGA:Oknum Guru SD di Kota Cirebon Diduga Ajak Anak Kelas 5 ke Penginapan, Warga Simega Minta Kos-kosan Ditindak

Eti berterima kasih kepada Singa Mas yang selama ini membawa nama harum Kota Cirebon di kancah nasional dan internasional.

Barongsai Singa Mas selama ini dibawah asuhan Shandy dan Iyan Siskarteja, banyak torehan yang berhasil diraih.

Yang membuat Eti kagum, di balik keterbatasan dana yang dimiliki untuk mengikuti kompetisi nasional dan internasional, tapi Shandy tidak pernah menyerah.

Sehingga bisa tampil pada kompetisi  barongsai tingkat nasional dan internasional. Hasil kerja kerasnya, Barongsai Singa Mas bisa meraih prestasi di berbagai ajang nasional dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: