Hasil Uji Beban Tol Cisumdawu Sudah Keluar, 'Diinjak' Truk 24 Ton, Jadi Kapan Mulai Beroperasi?

Hasil Uji Beban Tol Cisumdawu Sudah Keluar, 'Diinjak' Truk 24 Ton, Jadi Kapan Mulai Beroperasi?

Uji beban Tol Cisumdawu memakai truk 24 ton, dengan hasil layak digunakan. -BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Hasil uji beban Tol Cisumdawu sudah keluar dan dipublikasikan BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat (Jabar), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Sebagian hasil uji beban pada Seksi 5A Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan itu, menunjukkan indikasi kelayakan digunakan. Terutama pada bagian yang memakai material insulasi EPS Geofoam.

Uji beban tersebut bahkan memakai dump truck dengan bobot 24 ton, sehingga menunjukkan ketahanan dari Jalan Tol Cisumdawu saat 'diinjak' dengan kendaraan berbobot jumbo.

Dilansir dari publikasi BBPJN DKI Jakarta - Jabar, respons struktur timbunan EPS Geofoam akibat pembebanan akan dipantau dengan sensor - sensor fiber optic yang sebelumnya telah dipasang di lapisan Lean Concrete.

BACA JUGA:Alumni di Inggris Angkat Bicara: Al Zaytun Sesat atau Tidak, Ya Lihat Saja Alumninya, Cek Kesehariannya

Dari hasil uji beban, didapat regangan terbesar yang diperoleh yaitu sebesar 30 microstrain jauh lebih kecil dari kapasitas layan sebesar 3000 microstrain. Hal ini menunjukkan struktur timbunan EPS Geofoam aman untuk dilewati kendaraan.

Jadi, penggunaan teknologi Geofoam sebagai material pengganti timbunan tanah merupakan salah satu solusi di tanah yang labil dan sering terjadi pergerakan tanah.

Uji beban ini merupakan bagian dari salah satu syarat uji laik, sebelum Tol Cisumdawu dioperasionalkan secara menyeluruh.

"Doakan agar seluruh rekomendasi dari Tim Uji Laik Fungsi bisa segera ditindaklanjuti sehingga Tol Cisumdawu dapat segera dioperasikan secara keseluruhan dari Bandung hingga Cipali," tulis keterangan BBPJN DKI Jakarta - Jabar yang dikutip radarcirebon.com, Selasa, 4, Juli 2023.

BACA JUGA:Nama-nama Gedung di Dalam Mahad Al Zaytun, Ada yang Disebut Istana, Tempat Tinggal Syekh Panji Gumilang?

Terkait rencana operasi fungsional dari Tol Cisumdawu, PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan, masih menunggu hasil Uji Laik Fungsi (ULF) dari Kementerian PUPR. 

"Sebelumnya terima kasih ya atas antusias dalam rangka menyambut pembukaan Tol Cisumdawu," tulis keterangan dari PT CKJT.

Diinformasikan bahwa saat ini PT CKJT masih menunggu hasil uji laik fungsi yang telah dilakukan pada awal Bulan Juni kemarin.

"Mohon doanya ya agar hasil ULF Tol Cisumdawu lolos dan kami selaku BUJT dapat segera membuka Tol Cisumdawu hingga Ujungjaya," tulis keterangan PT CKJT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: