Selamat! Prodi PGSD IPB Cirebon Lolos Program Hibah Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemendikbud

Selamat! Prodi PGSD IPB Cirebon Lolos Program Hibah Pembelajaran Daring Kolaboratif Kemendikbud

KOLABORATIF : Ketua Tim Prodi PGSD IPB Cirebon Siti Sahronih mengaku bangga dan semangat menyambut dilaksanakannya Program Pembelajaran Daring Kolaboratif 2023.-ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengumumkan Program Bantuan Pembelajaran Daring Kolaboratif (PDK) Tahun 2023. Salah satu perguruan tinggi yang berhak mendapatkan hibah program tersebut adalah  Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon, melalui program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Berdasarkan surat nomor 3369/E2/DT.00.02/2023 yang diterbitkan pada 23 Juni 2023 tersebut disebutkan, disebutkan bahwa IPB Cirebon menjadi 1 dari 68 perguruan tinggi di Indonesia yang dipercaya menerima hibah program tersebut.

Diketahui, program hibah PDK merupakan program yang diselenggarakan guna merespon  efek pandemi Covid-19 yang membuat sistem pembelajaran dilaksanakan secara daring. Q selain itu, program tersebut juga membuka peluang baru dalam implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan perguruan tinggi lain. Terutama pada kampus yang berada di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Diketuai oleh Siti Sahronih MPd, tim PGSD IPB Cirebon berkolaborasi dengan Universitas Flores Kupang Nusa Tenggara Timur untuk pelaksanaan program ini. Sebelum ini, IPB Cirebon juga berhasil lolos dalam sejumlah program yang dilaksanakan oleh Kemendikbud. Mulai dari program hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP), Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW), Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) hingga Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

BACA JUGA:Viktor Axelsen Curhat Hadiah Indonesia Open 2023 Belum Cair, PBSI Langsung Merespons

"Jadi yang menjadi sasarannya adalah mahasiswa, digabung dari mahasiswa IPB Cirebon dengan Universitas Flores. Kemudian nantinya juga dari dosen-dosennya akan melakukan kolaborasi untuk melaksanakan pembelajaran, " Ungkapnya kepada Radar Cirebon. Rabu (12/7/2023).

Menurut Siti Sahronih, pihaknya mengajukan tiga mata kuliah, yakni Konsep Dasar IPA, Konsep Dasar IPS dan Pengembangan Kurikulum. Pelaksanaan program PDK sendiri akan berlangsung selama satu semester penuh, direncanakan dimulai sejak akhir bulan Juli ini.

"Tujuan dari diadakannya program ini kan bukan hanya dilaksanakannya pembelajaran, tetapi juga nanti dalam proses pembelajaran dapat mendorong perguruan tinggi melakukan inovasi-inovasi pembelajaran secara daring, " Demikian dia membeberkan.

Siti Sahronih mengatakan, dengan lolosnya Prodi PGSD IPB Cirebon dalam program Hibah PDK ini menunjukkan komitmen IPB Cirebon untuk terus beradaptasi dengan semua perubahan zaman. Kurikulum IPB Cirebon sendiri dirancang khusus untuk melahirkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang pendidikan, teknologi dan bahasa asing.

BACA JUGA:Rayakan Capaian Produksi 8 Juta Unit, Daihatsu Wujudkan Rangkaian Aktivitas Bersama Masyarakat

'Melalui program ini juga kami berharap dapat terus menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain dan berkolaborasi untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas," Pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: