Pemprov Jabar Berhasil Turunkan Jumlah Kemiskinan, 310 Ribuan Warga Naik Kelas

Pemprov Jabar Berhasil Turunkan Jumlah Kemiskinan, 310 Ribuan Warga Naik Kelas

Gubernur Jaw Barat, Ridwan Kamil--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ridwan Kamil menyebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat berhasil menekan dan menurunkan jumlah warga miskin di Jawa Barat.  

BACA JUGA:Ramaikan Harjad Cirebon ke-654, Laskar Agung Macan Ali Gelar Acara Ini

Menurutnya, berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS-red), saat ini jumlah angka kemiskinan di Jawa Barat turun menjadi 7,62 persen, sedangkan angka kemiskinan secara nasional mencapai 9,2 persen.

Menurut dia, penurunan angka kemiskinan di Jawa Barat tersebut merupakan yang tertinggi dibanding provinsi lainnya di Pulau Jawa.

"Angka kemiskinan di Jawa Barat menurun signifikan, bahkan penurunannya melebihi DKI Jakarta," ujar Ridwan Kamil.

Ia mengatakan, dalam dua tahun terakhir tercatat sebanyak 310 ribuan warga Jawa Barat naik kelas menjadi ekonomi menengah dari sebelumnya berada di garis kemiskinan. 

BACA JUGA:Ramaikan Harjad Cirebon ke-654, Laskar Agung Macan Ali Gelar Acara Ini

Pihaknya bersyukur program multidimensi yang digelontorkan Pemprov Jawa Barat dalam lima tahun terakhir di masa kepemimpinannya berhasil menekan angka kemiskinan.

"Kami menerapkan beberapa program, diantaranya multidimensi untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Barat, dalam artian menggedor semua pintu dan membuka semua jendela," Imbuh Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga berpamitan dan menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Cirebon apabila terdapat program yang belum maksimal selama menjabat gubernur. 

Pasalnya, masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat bakal berakhir kira-kira dalam kurun tujuh pekan mendatang, tepatnya pada 5 September 2023.

BACA JUGA:Bangkai KA 112 Brantas Sudah Dievakuasi, Jalur Semarang Sudah Bisa Dilalui

Ia pun berharap, pemimpin Jawa Barat berikutnya dapat menyelesaikan seluruh program yang tertunda dan memaksimalkan program yang kurang optimal demi kesejahteraan masyarakat.

"Kami ingin husnul khatimah di akhir masa jabatan ini, dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu selama lima tahun terakhir," tegas Ridwan Kamil. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase