NGERI! Syekh Panji Gumilang Pamer Sedekah Muharram Al Zaytun: Rp 1,9 Miliar, 10 Ribu Dollar hingga Ringgit

NGERI! Syekh Panji Gumilang Pamer Sedekah Muharram Al Zaytun: Rp 1,9 Miliar, 10 Ribu Dollar hingga Ringgit

Perolehan sedekah Muharram Al Zaytun mencapai miliaran Rupiah.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COMSyekh Panji Gumilang memamerkan perolehan sedekah yang didapat selama pelaksanaan tradisi 1 Suro atau 1 Muharram di Mahad Al Zaytun.

Sebelumnya, di mengulas soal 1 Muharram yang menurut beberapa orang adalah ritual sakral di Kampus Al Zaytun Indramayu.

Padahal, baginya biasa saja. Hal tersebut seperti tradisi masyarakat Jawa saat merayakan 1 Suro. Termasuk soal ritual sedekah Muharram.

“Kalau itu dianggap ritual khusus, berarti sudah ada ritualisasi. Di sini biasa-biasa saja. Kalau ada sedekah diterima. Tidak khusus tidak apa. Tapi tidak pakai kotak yang diedarkan,” kata Syekh Panji Gumilang dalam taushiyah di Masjid Rahmatan Lil Alamin, Jumat, 21, Juli 2023.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Sebut Dana Al Zaytun yang Diblokir Mau Dibagi-bagi: Mereka sudah meng-kavling

Dia mengakui, pada saat peringatan 1 Suro di Mahad Al Zaytun, memang banyak undangan yang memberikan orasi. Kemudian ada juga yang memberikah sedekah. Tapi tidak diumumkan.

Hasil perolehan sedekah tersebut, ternyata luar biasa. Syekh Panji Gumilang mengaku, mencapatkan laporan nilainya mencapai  miliaran rupiah. Belum lagi yang berbentuk Dollar Amerika Serikat, Dollar Singapura hingga Ringgit.

“Jumlahnya Rp 1,914,545,000. Rp 1,9 miliar. Lumayan kan? Nggak usah tepuk tangan. Dapat rezeki, ucapkan Alhamdulillah,” katanya.

Ternyata, kata syekh, dirinya tidak menyangka ada sumbangan dalam bentuk Dollar Amerika yakni USD 10.000 atau sekitar Rp 150 juta.

BACA JUGA:Fiks, Madinda Pemain Baru Persib Bandung eks Celta Vigo, Tapi Begini Statusnya

Ada juga yang memberi dari Singapura yakni 2.300 Dollar Singapura dan dalam bentuk Ringgit Malaysia sejumlah 20.200.

Karena kondisi yang terjadi sekarang ini, Syekh Al Zaytun mengaku mengambil kebijakan bahwa uang tersebut tidak akan disimpan di bank.

Dirinya kecewa, karena perbankan sudah tidak bisa dipercaya untuk menjaga dan menyimpan uang dari nasabahnya.

“Uang ini jangan disimpan di bank. Mengapa? Karena bank sudah tidak bisa merahasiakan kekayaan nasabahnya yang disimpan. Apa buktinya? Seluruh yang kita simpan di bank, diumumkan. Bahwa rekeningnya sekian banyak. Khususnya lagi rekening Panji Gumilang. Diumumkan ada Rp 15 triliun,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: