Cerita Jemaah Naik Haji Lewat Bandara Kertajati, Pulang-pulang Tol Cisumdawu Sudah Jadi

Cerita Jemaah Naik Haji Lewat Bandara Kertajati, Pulang-pulang Tol Cisumdawu Sudah Jadi

Suasana pemulangan jemaah haji dari Bandara Kertajati Majalengka dari Kloter 14 Kabupaten Sumedang.-Kang Kanda/Ist-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Para jemaah haji dari 7 daerah di Jawa Barat, ibarat mendapat kado khusus ketika pulang ke daerahnya masing-masing.

Seperti diketahui, proses pemulangan jemaah haji dari Ciayumajakuningsusu atau Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Sumedang dan Subang sampai saat ini masih berlangsung.

Para jemaah haji yang diberangkatkan mulai akhir Mei hingga pertengahan Juni 2023, saat itu masih menggunakan jaringan tol lama ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Namun, kini para jemaah tersebut sudah menikmati akses tol yang terhubung langsung ke Bandara Kertajati Majalengka.

BACA JUGA:NGERI! Jambret Nekat Beraksi di Jl Sisingamangaraja Cirebon, Embat HP saat Event Lari

Jemaah haji asal Majalengka, Andri Sarhawi misalnya. Dia mengaku sangat nyaman pergi haji dari Bandara Kertajati.

"Langkung raos ayeuna. Langkung enak. Kapungkur kedah ka Bekasi. Ayeuna mah caket. Ti Majalengka kantun ka Kertajati. (Lebih enak sekarang. Dulu harus ke Bekasi, sekarang sedang. Dari Majalengka tinggal ke Kertajati," kata Andri, dilansir dari publikasi Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Tidak hanya itu, perjalanan juga menjadi lebih cepat. Apalagi Asrama Haji di Indramayu sudah difungsikan. Begitu juga saat kepulangan menjadi lebih praktis.

Penjemput tidak harus jauh-jauh ke Bekasi seperti yang dahulu biasa dilakukan. Sebab, sekarang ini semuanya sudah dilayani di Majalengka dan Indramayu.

BACA JUGA:Kesempatan Kedua Bandara Kertajati Mencoba Bangkit Lagi, Jangan Cuma Fokus ke Bandung

Satu hal yang membuatnya terkesan adalah pelayanan yang sangat memperhatikan lanjut usia (lansia).

"Pelayanan sae. Dongkap disambut. Lansia diutamakeun pisan. Begitu aya lansia teh, petugas dongkap nyandak kursi roda. (Pelayanan bagus. Datang disambut. Lansia sangat diutakan. Begitu ada lansia, datang petugas bawa kursi roda)," katanya.

Hal serupa disampaikan oleh Emi Kusmiati. Dirinya bersyukur para petugas sangat sigap. Terutama untuk membantu jemaah lansir.

"Alhamdulillah petugas sigap. Terima kasih sudah banyak membantu," kata Emi yang merupakan jemaah haji asal Majalengka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: