Bunkasai-48 Jawa Barat, 2 Mahasiswa Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Raih Juara

Bunkasai-48 Jawa Barat, 2 Mahasiswa Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Raih Juara

BERPRESTASI : 2 Mahasiswa Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon berhasil menjadi juara dalam pekan budaya dan bahasa Jepang (Bunkasai) ke 48 Jawa Barat di Universitas Padjajaran.-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dua mahasiswa Prodi Sastra Jepang Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon kembali menorehkan prestasi dalam kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) tingkat Jawa Barat ke-48. Mereka berhasil mendapatkan predikat juara pada dua kategori yang berbeda.

Dalam kegiatan yang digelar oleh Program Studi Bahasa Jepang (PSBJ) Universitas Padjajaran Bandung tersebut, IPB Cirebon mengirimkan sejumlah perwakilannya. Hasilnya, dua mahasiswa, yakni Wawan membawa pulang juara 3 lomba karaoke Jepang dan Gerry Septian, juara harapan 1 lomba presentasi Bahasa Jepang.

Baik Wawan maupun Gerry, berhasil mengungguli lawan-lawannya, para mahasiswa dari  perguruan tinggi yang memiliki Prodi Bahasa dan Sastra Jepang di se Jawa Barat.

"Strategi saya untuk memenangkan kompetisi karaoke Jepang adalah fokus dengan suara dan stage act, karena ini penting. Alhamdulillah saya bisa menjadi juara 3 mengalahkan mahasiswa lainnya, " Ungkap Wawan.

BACA JUGA:TERKEJUT! Logo Baru Twitter Sudah Dipasang, Versi App Masih Tampilkan Burung Biru

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Nomor 3 dan 4 Mungkin Andapun Tak Menduganya

Melalui kompetisi ini, dirinya berharap bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa baru IPB Cirebon untuk mengikuti kompetisi serupa. Terlebih, melalui kompetisi Pekan Bahasa dan Budaya Jepang (Bunkasai) yang digelar setiap tahun itu, bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa mengembangkan minat dan bakatnya di bidang budaya dan sastra Jepang.

Sementara itu, Gerry Septian mengatakan bahwa presentasi dalam bahasa Jepang, menjadi hal baru bagi dirinya. Walaupun hanya bermodal nekad, ia berhasil menjadi juara harapan 1 dari kategori lomba yang baru kali kedua digelar itu.

Tahun 2022 lalu, Gerry dan timnya berhasil menjadi juara 1 untuk kategori Manga. Berdasarkan aturan yang ditetapkan PBSI Unpad, menyatakan bahwa juara tahun sebelumnya tidak bisa mengikuti kategori yang sama untuk perhelatan tahun ini, membuat Gerry harus pindah haluan.

"Ini pertama kalinya saya mengikuti lomba presentasi, apalagi dalam bahasa Jepang. Perasaannya senang karena ternyata saya juga bisa di bidang lain selain Manga, " ungkapnya.

"Saya juga berharap, untuk mahasiswa lainnya agar tidak takut untuk mencoba. Kita tidak tahu, bisa jadi kemampuan kita ada disana, "demikian dikatannya. (awr/opl)

BACA JUGA:2 Mega Proyek Baru di Indramayu dan Kertajati Majalengka, Ada Tol 46 Kilometer dan Kereta Cepat

BACA JUGA:VIRAL, Driver Wanita Marah-marah Kena Suspand Gara-gara Dituduh Mencuri, Grab Indonesia Buka Suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: