Peringatan Banjir Rob BMKG Termasuk Pesisir Jawa Barat, Terkait dengan Fenomena Fase Full Moon 1 Agustus

Peringatan Banjir Rob BMKG Termasuk Pesisir Jawa Barat, Terkait dengan Fenomena Fase Full Moon 1 Agustus

Akan terjadi fenomena fase full moon 1 Agustus, BMKG keluarkan peringatan dini banjir rob. Foto:-Ilustrasi-Pixabay

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Akan ada fenomena fase full moon atau bulan purnama pada 1 Agustus besok. BMKG sampai mengeluarkan peringatan dini.

Peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG ini terkait dengan potensi banjir Rob di sejumlah daerah di Indonesia.

Potensi banjir rob ini dikaitkan dengan fenomena yang diprediksi bakal terjadi di awal Agustus ini. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo. 

Dalam keterangan resminya, Eko menjelaskan, bahwa banjir rob kemungkinan akan terjadi oleh karena adanya fenomena fase bulan purnama atau Full Moon pada  1 Agustus 2023. 

Momen ini disebut-sebut akan bersamaa dengan keadaan yang dinamai Perigee atau momentum ketika jarak terdekat bulan dengan bumi. Perigee ini akan terjadi pada 2 Agustus 2023. 

Keadaan ini sangat memungkinkan terjadinya peningkatan potensi ketinggian pasang air laut mencapai tinggi maksimum. 

Disebutkan bahwa, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau rob diprediksi bakal terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia. 

BACA JUGA:7 Pemain Muda Persib Bandung Bertalenta Tinggi Kelahiran 2000-an, Di Antaranya Jebolan Inggris

Antara lain di pesisir Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Maluku, hingga ke Papua Selatan.

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir), yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” demikian dijelaskan Eko dilansir dari Disway.id.

Menurut Eko, masyarakat harus selalu waspada. Selain itu juga harus terus bersiaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut. 

Di samping itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Data yang dihimpun, lokasi dan potensi Rab di Banten berpeluang terjadi di pesisir utara Banten 31 Juli – 2 Agustus 2023, pesisir barat Banten 31 Juli – 5 Agustus 2023, pesisir selatan Banten 30 Juli – 6 Agustus 2023.

BACA JUGA:Pesan Pemain Baru Persib Levy Madinda Sehari Sebelum Gabung Latihan, Singgung Hubungannya dengan Bojan Hodak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: