Kuasa Hukum Panji Gumilang: Kami Duga Ini Perkara Pesanan

Kuasa Hukum Panji Gumilang: Kami Duga Ini Perkara Pesanan

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang, menjadi tersangka kasus penistaan agama. .-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Menyikapi perkembangan kasus kliennya, kuasa hukum Panji Gumilang, Hendra Effendi angkat bicara.

Hendra menilai, kasus hukum yang menjerat kliennya merupakan perkara pesanan.

"Kami tentunya punya dugaan-dugaan tentang perkara ini. Satu, kami duga perkara adalah perkara pesanan,” ujar Hendra dihadapan sejumlah awak media, Senin 31 Juli 2023.

Hendra mengatakan, perkara pesanan tersebut akan mengarah pada ketetapan tersangka dan Panji Gumilang akan dikenakan pasal lainnya. 

BACA JUGA:Dilirik Jadi Cawapres, KH Said Aqil Siradj: Lihat Saja Nanti

“Kalau perkara pesanan tentunya akan mengarah ke mana, setelah dilaporkan pastinya akan mengarah kepada tersangka, setelah tersangka pastinya dijerat dengan berbagai persoalan hukum lainnya,” katanya.

Sebagai informasi, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang dilaporkan ke Bareskrim Polri

Ada dua laporan polisi (LP) terhadap Panji Gumilang. Laporan pertama dilayangkan oleh Forum Advokat Pembela Pancasila (FAPP). 

Laporan DPP FAPP itu teregistrasi dengan Nomor: LP/B/163/VI/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI.

BACA JUGA:Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Menhub Siapkan Integrasi Angkutan Antarmoda

Kemudian laporan kedua dibuat oleh Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan. Laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/169/VI/2023/SPKT/BARESKRIM POLRI tertanggal 27 Juni 2023.

Dalam kedua laporan tersebut, Panji dituduhkan melanggar Pasal 156 A KUHP tentang Penistaan Agama

Sementara, saksi hidup anggota tim peneliti Pondok Pesantren Mahad Al Zaytun yang ditugaskan oleh Departemen Agama (sekarang Kementerian Agama/Kemenag), Dr Fuaduddin angkat bicara soal temuan yang didapatkan di tahun 2002.

Setelah berselang 21 tahun lamanya, Fuaduddin kembali ke Al Zaytun di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase