GEGER! Tol Cisumdawu Sudah Berbayar Sejak 1 Agustus 2023, Ternyata Faktanya Begini

GEGER! Tol Cisumdawu Sudah Berbayar Sejak 1 Agustus 2023, Ternyata Faktanya Begini

Informasi yang menyebutkan Jalan Tol Cisumdawu sudah berbayar sejak 1 Agustus 2023 sempat membuat geger.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Informasi bahwa Tol Cisumdawu sudah berbayar penuh terhitung mulai 1, Agustus 2023 sempat ramai di jagat media sosial.

Banyak warganet menyebutkan bahwa Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah dikenakan tarif penuh mulai dari Cileunyi sampai Gerbang Tol Ujung Jaya.

Padahal, Jalan Tol Cisumdawu baru diresmikan untuk Seksi 4 sampai denddgan 6 pada 12, Juli 2023 oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi).

Sehingga sebagian dari ruas tol tersebut yakni mulai Cimalaka sampai dengan Ujung Jaya masih berstatus fungsional, dan belum dikenakan tarif.

BACA JUGA:Inilah Daftar Obat Tradisional, Suplemen dan Kosmetik Berbahaya Menurut BPOM

Beroperasinya ruas tol sepanjang 61,75 kilometer ini, memang mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

Sebab, perjalanan dari Cirebon ataupun Majalengka menuju Bandung menjadi lebih cepat dari biasanya.

Rute yang ditempuh juga menjadi lebih pendek ketimbang melewati Jalan Raya Cadas Pangeran yang butuh waktu 5-6 jam.

Atau melewati Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) dilanjutkan ke Cipularang yang berjarak 201 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

BACA JUGA:WOW! 2,7 Juta Penumpang Bandara Soekarno Hatta Disebut dari Bandung dan Cirebon, Bandara Kertajati Bisa Ambil?

Lalu, benarkah Jalan Tol Cisumdawu sudah berbayar penuh mulai 1 Agustus 2023? Menjawab banyaknya isu yang beredar, seorang content creator Youtube, Kang Kanda membuktikan sendiri.

Youtuber yang fokus pada informasi mengenai Jalan Raya Cadas Pangeran, Kereta Cepat Jakarta Bandung, Bandara Kertajati dan Jalan Tol Cisumdawu itu, juga mengaku penasaran dengan adanya informasi tersebut.

"Tidak ada spanduk dan di layar LCD juga belum ada pengumuman berkaitan Tol Cisumdawu apakah sudah berbayar secara penuh dari Cileunyi sampai dengan Ujung Jaya," kata Kang Kanda, dikutip radarcirebon.com, Rabu, 2, Agustus 2023.

Menurut dia, biasanya ketika jalan tol akan dikenakan tarif penuh dan masa uji coba fungsional berakhir, selalu didahului dengan sosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: