Lagi, Mahasiswa IPB Cirebon Menangi Speech Contest Tingkat Nasional

Lagi, Mahasiswa IPB Cirebon Menangi Speech Contest Tingkat Nasional

JUARA : Dinda Syifa Sayidina, berhasil menjadi juara 1 dalam Speech Contest yang digelar oleh Universitas Negeri Semarang, beberapa waktu lalu-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mahasiswa Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon kembali mendulang prestasi pada ajang Speech Contest. Setelah merajai English Speech Contest of UIN Festival 2023, IPB Cirebon melalui Dinda Syifa Sayyidina berhasil menjadi juara dalam English Speech Contest yang digelar oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Dinda yang merupakan mahasiswa semester 2 Prodi Sastra Inggris ini, berhasil menjadi juara dalam kontes tersebut dengan mengalahkan sejumlah peserta lainya. Ia berhasil mencuri hati dewan juri melalui pidato yang dibawakannya secara daring dengan tema framing media terhadap kasus kekerasan seksual pada perempuan.

"Dalam mengikuti kompetisi ini, saya sebelumnya telah menyiapkan beberapa materi dari sejumlah artikel yang terkait dengan materi pidato yang saya bawakan, " Ungkap Dinda kepada Radar Cirebon.

Materi pidato yang dibawakannya itu, kata Dinda terinspirasi dari pemberitaan yang tengah ramai diperbincangkan. Ia menilai media memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pembentukan opini di masyarakat. Namun sayangnya, banyak diantaranya yang belum peka terhadap isi gender. Sejumlah media justru menyalahkan dan memberikan stigma negatif terhadap perempuan yang merupakan korban kekerasan.

BACA JUGA:Di Jawa Barat Ada Kawasan yang Disebut REBANA, Kertajati Jadi Poros Utama

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Tersangka, ASRII Sujud Syukur di Islamic Center Indramayu

"Saya juga berlatih dan menghafalkan naskahnya. Kemudian juga memilih pelafalan yang sekiranya perlu ditekankan pada saat pidato dibawakan," Ungkapnya.

Ia mengaku bersyukur, upayanya mengikuti lomba tersebut juga didukung oleh, Ketua Prodi Sastra Inggris, yakni Juwintan SS MHum. Ia berharap, suatu saat dapat mengikuti perlombaan lainnya. Terlebih dengan adanya dukungan dari kampus, ia mengaku  bersemangat untuk lebih berprestasi.

 "Beliau sedikit banyak memberikan masukan terhadap naskah pidato saya, " Ujarnya.

Juwintan SS MHum, Kaprodi Sastra Inggris mengaku bangga dan mengapresiasi pencapaian Dinda. Ia berharap, dengan pencapaian tersebut, kedepannya prodi Sastra Inggris terus bersinar dengan berbagai macam prestasi-prestasi lainnya. Baik di bidang akademik maupun non akademik.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi. Baik di bidang akademik maupun non-akademik, " Ujarnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Situasi di Al Zaytun Pasca Syekh Panji Gumilang Ditetapkan sebagai Tersangka, Santri Kirim Doa

BACA JUGA:6 Tradisi Unik Suku Toraja, Pesona Budaya dan Wisatanya, Nomor 1 dan 3 Engga Cocok Buat Penakut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: