Tak Yakin Tol Cisumdawu Jadi Penyebab Bandara Kertajati Sepi, Anggota DPR: Kita Lihat Nanti

Tak Yakin Tol Cisumdawu Jadi Penyebab Bandara Kertajati Sepi, Anggota DPR: Kita Lihat Nanti

Tol Cisumdawu yang belum beroperasi selama ini disebut menjadi penyebab Bandara Kertajati sepi. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Selama ini, Jalan Tol Cisumdawu yang belum beroperasi dianggap menjadi penyebab Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka sepi.

Hal itu, sempat beberapa kali menjadi pembahasan di DPR RI yang mempertanyakan mengapa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sempat tidak beroperasi untuk melayani penumpang.

Bahkan, Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo mempertanyakan apakah hanya karena Jalan Tol Cisumdawu, lantas Bandara Kertajati sampai sepi dari penumpang.

Dia meragukan hal tersebut dan bertanya kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Angkasa Pura. Sebab, akses jalan tol tersebut jangan sampai hanya menjadi asumsi.

BACA JUGA:Rp 9,07 Triliun Bangun Bandara Kertajati, Alih Rute Jadi Pertaruhan Besar

Tetapi penyebab Bandara Kertajati belum optimal, mesti dilakukan dari hasil kajian. Karenanya, dia pun menyarankan melakukan study untuk hal tersebut kepada Kementerian Perhubungan.

Sekaligus mencari solusi, agar bandar udara internasional pengganti Bandara Husein Sastranegara tersebut dapat dioptimalkan. 

“Saya sarankan kepada Kementerian Perhubungan untuk dilakukan pengkajian. Sesungguhnya apa penyebab sampai Bandara Kertajati ini tidak operasional ya,” kata Sudewo, seperti dilansir dari Parlemen Tv DPR RI.

Menurut Sudewo, berdasarkan penjelasan Dirjen Perhubungan Udara dan Angkasa Pura II, memang karena belum ada akses dari Kota Bandung ke bandara yaitu Jalan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Ambil Sikap, PDI Perjuangan Laporkan Rocky Gerung ke Bareskrim Polri Atas Dugaan Ujaran Kebencian

“Kemudian saya yakinkan betul kepada mereka, itu apakah asumsi Anda, apakah karena kajian, apakah karena study?” tanya dia. 

Dijelaskan dalam pertemuan itu, bahwa karena faktor Tol Cisumdawu ini yang belum operasional, sehingga berakibat Bandara Kertajati ini menjadi terbengkalai.

“Saya tekankan lagi seperti itu, dia katakan bahwa karena kajian bukan asumsi,” tutur anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Oleh karena itu, Sudewo menantikan pada saat Bandara Kertajati beroperasi penuh dengan didukung oleh Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. Apakah bandara tersebut masih sepi atau justru dapat menggeliat traffic-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: