Gajah di Pelupuk Mata Tak Nampak, Potensi Penumpang dari Tegal dan Brebes yang Dilupakan Bandara Kertajati

Gajah di Pelupuk Mata Tak Nampak, Potensi Penumpang dari Tegal dan Brebes yang Dilupakan Bandara Kertajati

Potensi penumpang Bandara Kertajati dari Brebes dan Tegal perlu dioptimalkan dengan menyediakan angkutan feeder.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Ibarat peribahasa 'gajah di pelupuk mata tak nampak, semut di seberang lautan nampak' begitulah potensi penumpang Bandara Kertajati dari wilayah barat Jawa Tengah (Jateng) seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes.

Wilayah barat dari Jawa Tengah ini, lebih dekat ke wilayah Cirebon termasuk ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Jarak dari Kota Tegal ke Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang mencapai 156 kilometer dan butuh sekitar 2 jam perjalanan darat.

Begitu juga jarak dari Brebes ke Bandara Ahmad Yani Semarang mencapai 189 kilometer, sekitar 2,5 jam perjalanan.

BACA JUGA:Pesimis Warga Bandung Pindah ke Bandara Kertajati saat Bandara Husein Sastranegara Ditutup

Secara jarak, tentu lebih dekat ke wilayah Cirebon dan Majalengka, tempat Bandar Udara Internasional Kertajati berada.

Dari wilayah Kabupaten Brebes ke Bandara Kertajati hanya berjarak 108 kilometer, dan sudah terhubung via Tol Trans Jawa.

Kemudian jarak dari Kota Tegal ke Bandara Kertajati hanya sekitar 128 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam via jalan tol.

Selama ini, warga di Kota Tegal, Kabupaten Tegal hingga Brebes harus menggunakan Bandara Internasional Soekarno Hatta yang ditempuh dengan kereta atau perjalanan darat via tol.

BACA JUGA:Abah Dadang Disalatkan di Masjid Sang Cipta Rasa, Dikebumikan di Gunung Jati

Atau paling dekat ke Bandara Ahmad Yani, bahkan melalui Bandara Internasional New YIA di Kulon Progo.

Padahal, sudah beberapa tahun terakhir wilayah Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes terhubung dengan jalan tol yang bisa dimanfaatkan menuju Bandara Kertajati.

Berbeda dengan wilayah Bandung Raya yang terhubung dengan Jalan Tol Cisumdawu pada Juli 2023.

Mengenai peluang penumpang dari wilayah Jawa Tengah seperti Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes, ternyata juga sudah disiapkan oleh Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: