Penumpang dari Brebes, Tegal, Karawang yang Selama Ini Terlupakan, Tidak Ada Shuttle ke Bandara Kertajati

Penumpang dari Brebes, Tegal, Karawang yang Selama Ini Terlupakan, Tidak Ada Shuttle ke Bandara Kertajati

Segmen penumpang Bandara Kertajati dari Tegal, Brebes, Karawang kurang difasilitasi dengan angkutan shuttle. -Kemenhub-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Pangsa pasar penumpang reguler dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Brebes dan Karawang, selama ini nyaris tidak disinggung dalam pembahasan mengenai Bandara Kertajati.

Padahal, kota dan kabupaten tersebut berada di dalam catchment area dari Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Meski berjarak sekitar 100-an kilometer, tetapi tidak ada bandara terdekat dari wilayah tersebut. Kecuali Karawang yang berdekatan dengan Halim Perdanakusuma.

Karenanya, warga di Kota Tegal lebih banyak mengakses penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta maupun dari Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang.

BACA JUGA:Anda Bernama Asep? Siap-siap Dicari Komunitas Ini

"Tergantung rute ya. Kalau di Semarang ada ya kita ke Ahmad Yani. Tapi kalau tidak ada, terpaksa ke Cengkareng," kata warga Kota Tegal, Hadi Satrio, kepada radarcirebon.com, Minggu, 6, Agustus 2023.

Menurutnya, kalau di Bandara Kertajati tersedia rute penerbangan yang dibutuhkan, tentu tidak akan keberatan terbang dari bandar udara di Kabupaten Majalengka itu.

"Selama ini, kita tahunya kan bandaranya tidak beroperasi ya. Jadi opsinya cuma ke Semarang, Yogyakarta atau ke Cengkareng," tuturnya.

Seperti diketahui, jarak dari Kota Tegal ke Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang mencapai 156 kilometer dan butuh sekitar 2 jam perjalanan darat.

BACA JUGA:Sjahrir Tak Hilang Akal saat Indonesia Kena Blokade Ekonomi, Barter Barang dengan India via Pelabuhan Cirebon

Begitu juga jarak dari Brebes ke Bandara Ahmad Yani Semarang mencapai 189 kilometer, sekitar 2,5 jam perjalanan.

Secara jarak, tentu lebih dekat ke wilayah Cirebon dan Majalengka, tempat Bandar Udara Internasional Kertajati berada.

Dari wilayah Kabupaten Brebes ke Bandara Kertajati hanya berjarak 108 kilometer, dan sudah terhubung via Tol Trans Jawa.

Kemudian jarak dari Kota Tegal ke Bandara Kertajati hanya sekitar 128 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan 1,5 jam via jalan tol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: