Cisumdawu Tol Paling Indah, Oh Nanti Dulu, Bandingkan dengan Dua Jalan Tol Ini, Ada The Panoramic Toll Road

Cisumdawu Tol Paling Indah, Oh Nanti Dulu, Bandingkan dengan Dua Jalan Tol Ini, Ada The Panoramic Toll Road

Jalan Tol Paling Indah di Indonesia, salah satunya ruas Semarang - Solo.-Ist via Auto 2000-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Selama ini banyak yang menilai jika Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan atau Cisumdawu merupakan jalan bebas hambatan yang paling indah panorama alam di kanan kirinya di Indonesia.

Tetapi nanti dulu. Pujian terhadap keindahan panorama alam di sepanjang jalan tol tersebut sangatlah relatif. Tergantung kepada selera masing-masing pengguna jalan yang menilai.

Memang banyak yang mengakui  Tol Cisumdawu memiliki pemandangan yang sangat indah. Tetapi belum tentu yang paling indah di Indonesia.

Ada dua ruas jalan tol yang keindahannya tidak kalah atau setidaknya sama dengan Tol Cisumdawu. Dua ruas jalan tol itu juga dipuja-puji karena keindahannya.

BACA JUGA:Geliat Bandara Kertajati Kian Terlihat, Jumlah Penumpang Terus Naik Sejak Januari – Juli 2023

Tentu bagi yang sudah melintasi kedua ruas jalan bebas hambatan itu. Jalan tol apa saja itu? Pertama ruas Jalan Tol Semarang - Solo di Jawa Tengah.

Kemudian yang kedua ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter) di Provinsi Lampung.

Mari kita bandingkan ketiga jalan tol tersebut: Cisumdawu, Semarang - Solo dan Bakter di Pulau Sumatera. Mana yang paling indah?

1. Jalan Tol Cisumdawu

Alasan Jalan Tol Cisumdawu disebut yang terindah di Indonesia saat ini salah satunya diungkapkan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). 

BACA JUGA:RE- BRANDING MALL UKM Sebagai Up Grade Store Image yang Memfasilitasi UMKM Ciayumajakuning

Menurut BPJT, Jalan Tol Cisumdawu menjadi yang terindah di Indonesia, karena beragam keunikan. Baik dari sisi pengerjaan maupun kondisi alamnya. 

Bukan hanya itu, aspek visual dari Tol Cisumdawu juga menjadikannya mendapatkan gelar tersebut. Sebab, sepanjang trase jalan melintasi kawasan perbukitan dan dataran tinggi. 

Tidak hanya itu. Juga melintasi areal terasering persawahan. Menariknya, ada juga terowongan yang menjadi keunikan tersendiri. Yakni Terowongan Kembar atau Twin Tunnel. Belum lagi pemandangan 3 gunung di sepanjang jalan tol itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: