4 Kampus Terbesar di Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

4 Kampus Terbesar di Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Suasana kerja kantoran. Foto Ilustrasi -David Mark-Pixabay

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Tujuan akhir setelah lulus kuliah (S1) adalah mencari kerja, walaupun banyak juga ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi (S2 atau S3, red).

Tapi, sangatlah realistis apabila seorang lulusan sarjana, ketika sudah lulus kuliah adalah target utamanya adalah mencari kerja.

Meski dunia kerja masih sangat luas, tapi kebanyakan perusahaan, terutama perusahaan nasional, BUMN maupun internasional mencari tenaga kerja baru dari lulusan kampus ternama.

Selain jaringan alumni yang begitu kuat, memilih tenaga kerja baru untuk sebuah jabatan  harulah diisi oleh orang-orang pintar dan mengerti apa yang akan dikerjakannya.

Maka, dipilihkan para lulusan dari kampus yang memang sudah terkenal dan menghasilkan lulusan terbaik, serta bisa secara cepat terserap oleh dunia kerja.

BACA JUGA:Program Jamu Tingkatkan Kemantapan Jalan Jawa Barat Hingga Mencapai 82,79 Persen

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (@kemdikbud.ri), pengelompokan beberapa kampus dengan lulusan cepat kerja dapat dilihat dari klasterisasi yang telah dibuat.

Pembagian klaster dilihat dari bobot penilaian seperti: akreditasi kampus, akreditasi program studi, kualitas dosen, jumlah mahasiswa, pengabdian masyarakat, dan beberapa penilaian penting lainnya.

Lalu, kampus mana saja yang lulusannya cepat dapat pekerjaan? Berikut informasinya:

1.       Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB adalah kampus yang melahirkan tenaga-tenaga ahli di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan.

Namun, dengan berjalannya waktu IPB pun banyak menghasilkan lulusan di luar empat bidang tersebut.

2.       Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia.

BACA JUGA:Digitalisasi dan Kolaborasi, Upaya BRI Dorong Inklusi Keuangan

ITB telah menghasilkan lebih dari 120.000 alumni yang berperan penting dalam pembangunan bangsa, memiliki 12 fakultas/sekolah, 128 program studi, dan 111 Kelompok Keahlian, memiliki 25 Pusat, 7 Pusat Penelitian, dan 6 Pusat Unggulan Iptek (PUI).

memiliki lebih dari 26 ribu mahasiswa program sarjana, master, dan doktor, memiliki 1.510 dosen dengan 195 Guru Besar, dan berlokasi di dua tempat lain selain kampus Ganesa Bandung yaitu Jatinangor dan Cirebon.

3.       Universitas Indonesia (UI)

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang berorientasi pada sistem pendidikan berbasis penelitian, Universitas Indonesia (UI) selalu mengupayakan agar sistem pendidikan yang ada mampu mempersiapkan mahasiswa-mahasiswinya bersaing secara global dalam segala aspek, baik di bidang ilmu sains, sosial humaniora, dan kedokteran.

Kemudian, dengan lebih dari 400.000 alumni dalam jaringan yang kuat, UI terus memainkan peran penting di tingkat nasional dan global.

Berdasarkan penilaian Quacquarelli Symonds, UI merupakan kampus penghasil lulusan terbaik di Indonesia yang kompeten, inovatif dan efektif di lingkungan kerja.

BACA JUGA:Bandara Husein Sastranegara Terkini, Masih Sibuk, Tapi Tampak Sepi, Bentar Lagi Berebut dengan BIJB Kertajati

4.       Universitas Gajah Mada (UGM)

UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, sarjana terapan, pascasarjana, profesi, spesialis, serta program internasional. Ragam bidang ilmu di UGM dikelompokkan menjadi 4 klaster, yakni kesehatan, sains dan teknologi, agrokompleks, dan sosiohumaniora.

UGM menaungi lebih dari 270 program studi dari 18 fakultas dan 2 sekolah yang dimilikinya.

Seluruh program studi telah terakreditasi secara nasional dan beberapa diantaranya juga telah direkognisi oleh lembaga akreditasi internasional. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase