BUKAN MITOS! Berikut Ini 5 Alasan Jangan Bunuh Ular yang Masuk ke Rumah

BUKAN MITOS! Berikut Ini 5 Alasan Jangan Bunuh Ular yang Masuk ke Rumah

Petugas Damkar Pos Kalijaga mengamankan ular jenis kobra Jawa, Selasa (15/11/2022). FOTO:-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

RADARCIREBON.COM - Ular salah satu hewan liar yang sering bersinggungan dengan kehidupan manusia bahkan sering masuk ke rumah. 

Namun demikian ada sejumlah alasan jangan bunuh ular yang masuk ke rumah. Alasan tersebut sudah seharusnya menjadi pertimbangan manusia untuk tidak semena-mena membunuh ular.

Hewan memang hewan liar. Dinilai membahayakan jika berhadapan dengan manusia. Di samping itu, orang yang bertemu dengan ular biasanya akan merasa kaget dan terkejut.

Reaksi awalnya setelah menghindar biasanya adalah mencari pentungan atau batu. Ular lalu akan diusir dengan kasar. Bahkan cenderung akan dibunuh.

Hewan melata ini sering dinilai sebagai pengganggu jika menampakan diri di lingkungan yang padat manusia.

Kesan sebagai mahluk yang menakutkan dan berbahaya itu melekat dengan ular. Terlebih ada beberapa ular yang memang memiliki bisa sangat beracun.

Jenis ular tertentu memang mematikan dengan bisanya yang sangat beracun. Namun tidak sedikit ular berbisa rendah dan tidak beracun.

BACA JUGA:Sindikat Pencurian Sepeda Motor Ditangkap Jajaran Polres Cirebon Kota, 2 Orang Ditembak

BACA JUGA:VIRAL! Kepala Desa Payung Majalengka Dapat Karangan Bunga dari Gubernur Jawa Barat, Siapakah Dia?

Nah, jika kita bertemu ular yang masuk ke dalam rumah. Sebaiknya lebih bijak dan tidak langsung membunuhnya.

Berikut ini 5 alasan jangan bunuh ular yang masuk ke dalam rumah. Ternyata, pendekatan yang lebih bijak terhadap ular sangat diperlukan.

1. Ekosistem yang Rapuh

Ular adalah bagian penting dari ekosistem. Mereka memiliki peran dalam menjaga keseimbangan populasi hewan lain, seperti hewan pengerat yang bisa merusak tanaman atau bahan makanan. 

Jika kita secara massal membunuh ular di lingkungan kita, maka ekosistem dapat menjadi tidak seimbang, mengakibatkan dampak negatif pada lingkungan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: