Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

dr Mia Octavia Medisa Panjaitan-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - JANTUNG merupakan organ vital yang bekerja tanpa henti karena berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Meskipun masih muda, bukan berarti tidak perlu menjaga kesehatan jantung.

Justru dengan menerapkan pola hidup sehat atau kebiasaan-kebiasaan yang baik bagi jantung sedini mungkin, maka  bisa memiliki jantung yang tetap sehat sampai tua nanti.

Meskipun stroke, serangan jantung, atau kondisi jantung lainnya lebih sering ditemukan pada orang-orang berusia di atas 60 tahun, anak-anak muda yang berusia 20 tahunan juga perlu mewaspadai penyakit jantung.

Penyakit jantung di usia muda bisa terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga, pola makan yang buruk, dan kebiasaan tidak sehat lainnya yang dilakukan selama bertahun-tahun. Karena itu, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dapat menjadi investasi penting untuk kesehatan jantung dalam jangka panjang.

BACA JUGA:Bolehkah Belalang Dimakan? Begini Hukum Menurut Islam

BACA JUGA: Bupati dan DPRD Kabupaten Cirebon Sepakat Tandatangani KUA-PPAS 2024 Mencapai Rp3,8 Triliun

Berbagai Macam Penyakit Jantung

Ada banyak macam penyakit jantung yang bisa menimpa seseorang. Macam-macam penyakit jantung tersebut antara lain:

1. Penyakit jantung koroner
Penyakit Jantung Koroner (PJK) terjadi ketika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Kondisi ini dipicu oleh penumpukan kolesterol dan pembekuan darah di dalam arteri (aterosklerosis).

2. Serangan Jantung
Serangan jantung adalah kondisi darurat yang terjadi saat pasokan darah ke jantung terhambat secara total, sehingga sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Serangan jantung biasanya disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

3. Aritmia
Aritmia adalah gangguan pada irama jantung. Irama jantung pada penderita aritmia bisa terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan. Aritmia terjadi ketika rangsangan listrik yang mengatur detak jantung terganggu, sehingga jantung tidak bekerja dengan baik.

4. Kardiomiopati
Kardiomiopati merupakan gangguan pada otot jantung. Kondisi ini menyebabkan kelainan pada bentuk dan kekuatan otot jantung (misalnya otot jantung menjadi lebih besar dan kaku), sehingga tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama Ponpes Daarul Faa'iziin

BACA JUGA:10 Angkutan Umum ke Bandara Kertajati Majalengka, Bakal Ada Diskon Tarif, Jadwal Disesuaikan Penerbangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: