Ibu Kota Baru Jawa Barat Bakal Pindah dari Bandung? 3 Daerah Ini Disebut-sebut, Ada yang Punya Bandara

Ibu Kota Baru Jawa Barat Bakal Pindah dari Bandung? 3 Daerah Ini Disebut-sebut, Ada yang Punya Bandara

Pembangunan infrastruktur kawasan rebana tidak hanya jalan tol, tetapi akan ada infrastruktur penunjang seperti kereta barang, kereta semi cepat dan jalan non-tol.-Istimewa-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Ibu Kota Baru Jawa Barat sempat muncul menjadi wacana. Ada setidaknya 3 daerah yang dipertimbangkan sebagai sentral dari provinsi ini.

Wacana pemindahan ibu kota ini, juga sempat disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil.

Meski kemudian diluruskan bahwa yang pindah bukan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat, tetapi ada kota baru sekaligus pusat dari pemerintahan.

Setidaknya ada 3 lokasi yang dibidik untuk menjadi tempat dari pusat pemerintahan ini. Di daerah tersebut juga masih tersedia lahan yang cukup luas untuk dikembangkan.

BACA JUGA:Selain Tarif, Ada Perubahan Nama Gerbang Tol Ujung Jaya Utama Jadi Cisumdawu Utama, Jangan Bingung Ya

Apalagi, sejumlah infrastruktur pendukung juga turut dikembangkan agar dapat menunjang keberadaan dari kota baru dan pusat pemerintahan Jabar tersebut.

Bila pusat pemerintahan tersebut dipindahkan, nantinya gubernur tidak lagi berkantor di Gedung Sate seperti sekarang ini.

Soal perpindahan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat sempat diluruskan oleh Gubernur Jabar,  M Ridwan Kamil pada tahun 2022.

Menurut Kang Emil, perpindahan tersebut bukan ibu kota provinsi. Tetapi pusat pemerintahan yang dipindahkan.

BACA JUGA:Rincian Tarif Tol Cisumdawu Terbaru, Sudah Full Berbayar dari Cileunyi ke Dawuan Rp 78.500

"Ibu kota tetap di Bandung. Tapi penyatuan pusat pemerintahan dan pertumbuhan ekonomo. Jadi jangan pakai sebutan ibu kota, karena berbeda," kata Kang Emil, di Gedung Sate, beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, dipastikan bahwa Kota Bandung tetap akan menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Tetapi yang pindah hanya pusat pemerintahannya.

Adapun kawasan yang dinilai potensial untuk menjadi pusat pemerintahan baru dari Provinsi Jabar adalah Tegalluar, Walini dan Kertajati.

Berikut alasan kenapa 3 daerah ini yang disebut bakal menjadi pusat pemerintahan baru dari Provinsi Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: