Tol Cisumdawu Belum Ada Rest Area, Tempat Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Istirahat

Tol Cisumdawu Belum Ada Rest Area, Tempat Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Istirahat

Rest area di Tol Cipali dapat menjadi alternatif tempat istirahat karena Jalan Tol Cisumdawu belum memiliki fasilitas ini.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Tol Cisumdawu yang sudah beroperasi penuh, ditandai dengan pemberlakuan tarif pada seluruh ruasnya masih belum memiliki rest area atau tempat istirahat.

Kabarnya, rest area Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan ini akan dibangun di sekitar Kecamatan Conggeang dan di dekat terowongan kembar.

Namun, progres pembangunan dari rest area Jalan Tol Cisumdawu masih jauh dari selesai. Sehingga diperkirakan baru dapat dituntaskan pada awal tahun 2024 nanti.

Karenanya, pengendara dari arah Cirebon maupun Bandung yang butuh tempat untuk istirahat sementara dapat menggunakan rest area di Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) dan Tol Purbaleunyi.

BACA JUGA:LENGKAP! Tarif Tol Cisumdawu Full Diberlakukan, Gerbang Tol Ujung Jaya Ganti Nama

Untuk pengendara dari arah Cirebon, Rest Area Km 164 Dawuan, Kabupaten Majalengka adalah yang terakhir sebelum masuk ke Tol Cisumdawu.

Sedangkan bila sudah keluar dari tol sepanjang 61,7 kilometer tersebut, rest area terdekat ada di Km 149 Tol Purbaleunyi, sekitar 3 kilometer dari Cileunyi.

Sebaliknya, untuk pengendara dari arah Bandung yang sudah keluar dari Tol Cisumdawu, rest area terdekat ada di Km 166 Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Kedua rest area ini cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhani pelaku perjalanan, juga sudah tersedia minimarket, tenan makanan yang sangat bervariasi hingga kebutuhan BBM kendaraan.

BACA JUGA:Polsek Kadipaten Sita 62 Botol Miras

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Tol Cisumdawu merupakan salah satu PSN yang penting di Jabar karena jadi penghubung ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati). 

“PSN (di Jabar) selain jalan tol juga ada tujuh bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan Patimban (Rebana) juga terus didorong,” kata Airlangga. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol, Jusuf Hamka mengatakan, rest area di Tol Cisumdawu bakal dibuat seindah dan senyaman mungkin.

Pembangunan rest area di Tol Cisumdawu bakal mengadopsi Barstow di Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: