Hidung Mirip Alien Tim Williams

Hidung Mirip Alien Tim Williams

LONDON - Paket regulasi baru di Formula 1 2014 menuntut desain mobil ikut berevolusi. Paling mencolok, menyentuh desain hidung atau moncong depan. Dan kemarin (23/1), Williams-Mercedes menjadi tim yang menampilkan hidung barunya. Seperti yang digosipkan sebelumnya, hidung itu mirip dengan hidung alien alias mahluk luar angkasa dalam film. Force India-Mercedes sebenarnya menjadi tim paling awal membocorkan desain mobilnya pada Rabu lalu (23/1). Namun, Force India hanya menampilkan bagian samping VJM07. Bagaimana detail hidung VJM07 tidak terlihat. Williams-Mercedes lebih berani memamerkan detail desain hidung mobil barunya yang diberi nama FW36. Khusus hidung, Williams memilih cara aman. Ketinggian hidung setara batas maksimal untuk memaksimalkan aliran udara di bawah mobil. Solusi hidung alien tersebut disebut sebagai anteater. Solusi untuk mengakali regulasi teknis dengan ketinggian hidung maksimal 185 milimeter dari permukaan aspal. Williams memilih memanjangkan bagian depan hidung dengan bentuk mengecil dan menukik di ujungnya. Dengan desain seperti itu, harapan utamanya adalah melewati uji tabrakan dan cocok dengan kebutuhan aerodinamis mobil. Regulasi soal hidung adalah salah satu di antara sekian banyak aturan baru F1 2014. Perubahan besar lain adalah mesin V6 1,6 liter turbo. Meski demikian, Chief Technical Officer Williams Pat Symonds meyakini jika performa aerodinamis akan tetap menjadi kunci utama satu mobil bisa bersaing atau tidak. \"F1 masih seputar perlombaan aerodinamis di 2014. Ada beberapa perubahan signifikan: hidung lebih rendah dari tahun lalu dan sayap depan dekat, itu berarti bagian belakang bakal lebih ditutupi oleh ban depan,\" ujar Symond. \"Sayap belakang tak sedalam tahun lalu dan sayap bawah tak diperbolehkan lagi. Juga larangan memakai saluran buang untuk meningkatkan performa erodinamis,\" sambungnya. Symonds menjelaskan, pihaknya yakin bisa bersaing dalam hal aerodinamis daripada tahun lalu. Regulasi baru yang berdampak pula pada perubahan sistem pendingin turut mempengaruhi desain bagian belakang mobil. \"Kebutuhan pada air dan oli pendingin mungkin bisa dikurangi. Tapi, ERS (energy recovery system) lebih kuat dan karena itu kebutuhan sistem pendingin lebih besar,\" tutur Symonds. Kabar positif lainnya dari mobil yang memakai gearbox delapan kecepatan tersebut adalah FW36 mampu berada di batas minimum berat mobil yaitu 690 kilogram. Hal itu menjadi perhatian utama mengingat banyaknya penyesuaian dan tantangan yang didapatkan tiap tim. \"Pengembangan mobil baru berlangsung dengan halus. Tapi, tantangannya adalah mendapatkan mobil yang berada di batas minimum. Bisa diterima, tapi bukan hal mudah power unit yang baru (V6) lebih berat daripada V8,\" jelas Symonds. (ady/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: