Penerbangan Perdana dari Bandara Cililitan ke Kemayoran, Tonggak Sejarah Penerbangan Komersial di Indonesia

Penerbangan Perdana dari Bandara Cililitan ke Kemayoran, Tonggak Sejarah Penerbangan Komersial di Indonesia

Suasana di Bandara Internasional Kemayoran, Jakarta pada tahun 1970-an. Foto:-Istimewa-

RADARCIREBON.COM - Penerbangan perdana dari Bandara Cililitan ke Kemayoran terjadi pada 6 Juli 1940. Lima tahun sebelum Indonesia merdeka.

Meski terjadi pada masa pemerintahan kolonial Belanda, namun momen ini sangat bersejarah. Mengingat dua bandar udara yang digunakan menjadi tonggak penting dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Bandara Cililitan kelak berubah nama menjadi Bandara Halim Perdana Kusuma, salah satu pangkalan militer paling penting milik RI.

Sedangkan Bandara Kemayoran lebih dikenal dengan nama Kemayoran International Airport atau Bandara Internasional Kemayoran, adalah bandar udara internasional pertama di Indonesia.

Bandar udara ini baru dibangun pada tahun 1934 oleh pemerintah kolonial Belanda di sebuah kawasan yang dikenal oleh warga Batavia sebagai wilayah Kemayoran.

Disebut Kemayoran karena tanah itu dikuasai oleh seorang Belanda yang dikenal dan biasa disebut oleh warga pribumi sebagai Tuan Mayor.

Lidah pribumi Betawi akhirnya menyebut kawasan itu sebagai Kamayoran. Dan sampai sekarang masih dikenal dengan sebutan demikian.

BACA JUGA:Uga Jatigede Ujungjaya Jadi Nagara, Benarkah Sudah Meramalkan Waduk Jatigede hingga Bandara Kertajati?

Bandara Intrnasional Kemayoran dibuka secara resmi pada Juli 1940. Lima tahun kemudian kemerdekaan Indonesia diproklamirkan di Jakarta oleh dwitunggal Sukarno dan Hatta.

Nah, pada 6 Juli 1940 itu lah momen bersejarah penerbangan perdana dari Tjililitan ke Kemayoran terjadi. 

Adapun pesawat pertama yang mendarat di Kemayoran adalah jenis DC-3 Dakota milik perusahaan penerbangan Hindia Belanda. 

Perusahaan itu, Koninklijke Nederlandsch-Indische Luchtvaart Maatschappij kelak disingkat dan lebih dikenal dengan sebutan KNILM.

Dua hari setelah penerbangan perdana tersebut, Bandara Internasional Kemayoran dibuka secara resmi dan beroperasi sebagai bandar udara komersial perdana di Batavia dan Hindia-Belanda

Sejak saat itu, Bandara Internasional Kemayoran adalah pintu masuk utama kunjungan dari luar negeri ke Batavia atau Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: