HUT RI ke-78, Ponpes Darurrohmah Gelar Upacara Bendera dan Pagelaran Seni

HUT RI ke-78, Ponpes Darurrohmah Gelar Upacara Bendera dan Pagelaran Seni

Pondok Pesantren Darurrohmah turut memerihakna rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-78.-Nurvia Pahlawanita-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ratusan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Darurrohmah Weru Cirebon melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023, dan dilanjutkan dengan parade barisan serta Kreasi Seni Santri.

17 Agustus adalah moment yang sangat berharga bagi masyarakat Indonesia, peristiwa tersebut kerap sekali diperingati sebagai hari Kemerdekaan Indonesia.

Banyak masyarakat yang tinggal di kota, perkampungan, bahkan pelosok desa tidak ingin melewatkan moment berharga ini, biasanya mereka mengadakan acara-acara untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia tersebut.

Salah satunya di pondok pesantren Darurrohmah, momen kemerdekaan ini sangat ditunggu-tunggu tiap tahunnya karena sebagai bentuk rasa syukur kita masyarakat Indonesia kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan negara ini, selain itu juga sebagai syiar para santri terhadap masyarakat umum di luar pondok pesantren.

BACA JUGA:Bernilai Rp 720 Triliun, Harta Karun dari Laut Cirebon Dibagi Dua, Dilelang di Singapura

BACA JUGA:KPU Gelar Pleno, DCS Resmi Diumumkan Hari Ini

KH. Warso Winata, Lc  MA, selaku pengasuh pondok pesantren Darurrohmah menyampaikan, bahwa tujuan dari diadakannya peringatan hari kemerdekaan di pondok pesantren Darurrohmah menitik beratkan pada 3 tujuan utama:

Pertama, untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan Republik Indonesia yang telah berjuang untuk bangsa ini. Semoga dengan itu santri  bisa bersyukur lebih baik lagi terhadap kemerdekaan ini dan memanfaatkannya dg lebih maksimal.  

Kedua, untuk menumbuhkan rasa cinta santri kepada tanah air. Sehingga siap memperjuangkannya untuk menjadi negara lebih maju dan lebih sejahtera serta sukses dunia akherat.

Ketiga, sebagai ajang kreatifitas dan penguatan mental santri dalam sebuah pertunjukan besar dalam peringatan HUT RI yang dihadiri oleh wali santri dan warga serta tamu undangan.

BACA JUGA:Pemkot Cirebon Bakal Pertemukan Warga GSP dengan Kontraktor dan IAIN

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Sudah Ada Angkutan Umum ke Bandara Kertajati Majalengka, Bisa ke 15 Daerah

“Acara yang digelar oleh pondok pesantren Darurrohmah ini melibatkan seluruh santri/santriwati, dan asatidz/asatidzah. Mereka mempersiapkan acara ini sangat matang, dilakukan sejak terlaksananya Pengenalan Santri Baru di pondok atau MPLS 3 minggu yang lalu mulai dibentuk koordinator pada setiap kegiatan, karena konsep dari peringatan kemerdekaan ini yaitu 'Pagelaran Seni' yang mengikutsertakan santri-santri mulai dari SD sampai SMK,”tuturnya.

Pagelaran seni yang ditunjukkan oleh para santri pondok pesantren Darurrohmah sangat spektakuler dan menarik banyak masyarakat di sekitar untuk menyaksiakannya, setelah melaksanakan upacara bendera memperingati kemerdekaan Indonesia ke-78, pagelaran seni dibuka dengan Grand Opening yang mewah, kemudian semua santri menyayikan lagu 'Hari Merdeka' dan 'Tanah Airku'.

Setelah itu disambung performa dari kelas 1 SDIT Fullday, performa Tari Kombinasi, Solo vocal, performa Tari Daerah, performa Pencak Silat, performa Pramuka, performa Hadroh, yang di tutup dengan melantunkan shalawat 'Yalal wathon' sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia.

“Semua rangkaian acara dikemas semenarik mungkin, dipersiapkan mulai jauh-jauh hari,”katanya.

BACA JUGA:Kehadiran Bandara Kertajati, Daddy Rohanady: Kontribusi Jabar Membangun NKRI

BACA JUGA:Pemprov Jabar dan Pangandaran Sudah Ngbrol Soal Rute Nusawiru-Kertajati, Nih Hasilnya

Pengasuh pondok pesantren Darurrohmah, Warso Winata juga menambahkan bahwa kegiatan besar ini dilaksanakan sebagai pengenalan kepada santri baru di Darurrohmah.

"Kegiatan ini, selain untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia ke-78 yaitu sebagai bentuk pengenalan kepada santri baru bahwa kegiatan di Darurrohmah ini bukan hanya belajar saja, melainkan keikutsertaan terhadap acara-acara besar,”ungkapnya.

Antusias santri dan para asatidz pondok pesantren Darurrohmah ini sangat harmonis dan kekeluargaan. Didukung penuh juga oleh wali santri dan masyarakat sekitar yang ikut serta menyaksikan acara kemerdekaan Indonesia ke-78 di pondok pesantren Darurrohmah.(via/opl).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: