Bakal Ada 11 Rute Penerbangan Baru di Bandara Kertajati, Begini Langkah Polres Majalengka

Bakal Ada 11 Rute Penerbangan Baru di Bandara Kertajati, Begini Langkah Polres Majalengka

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Mulai 29 Oktober 2023 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka, akan menambah rute penerbangan.

Bandara Kertajati akan mendapatkan limpangan pengalihan rute dari Bandara Husein Sastranegara.

Belum lama ini Bandara Kertajati resmi mengajukan 10 rute domestik dan 1 penerbangan internasional.

Mengutip publikasi PT BIJB, 10 rute domestik yang diajukan asah Denpasar, Pontianak, Palembang, Kualanamu, Padang, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Lombok.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Bisa Panjangkan Usia Warga Cirebon, Tidak Bakal Tua Dijalan untuk Terbang ke Bali

Sementara, untuk satu rute penerbangan internasional menuju Kuala Lumpur Malaysia.

Penyusunan jadwal dan rute tersebut dilakukan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati saat pelaksanaan Konferensi Slot Time Direktorat Angkutan Udara yang dilaksanakan di Kota Batam.

Selain pengajuan rute, juga sudah dibahas dengan pihak maskapai seperti Lion Air Group, Citilink dan AirAsia beserta Airnav, Angkasa Pura II dan pihak terkait lainnya.

Oleh sebab itu, untuk memastikan keamanannya jajaran dari Polres Majalengka, siap mengamankan kawasan BIJB.

Dalam keterangannya, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto mengatakan, hingga saat ini belum ada Kepolisian Sektor (Polsek) yang khusus di bandara.

BACA JUGA:Berat Diongkos, Jarak 218 Km, Warga Cirebon Harus Ganti 4 Kereta untuk ke Bandara Soetta

Oleh kerena itu, untuk keamanan manakala BIJB beroperasi penuh, pihaknya akan menambah personel untuk melakukan pengamanan di kawasan BIJB.

‘’Untuk itu, kami akan memastikan pengamanan di bandara akan ditingkatkan melalui penambahan personel meski belum ada polsek khusus,’’ kata kapolres.

Apalagi Polres Majalengka saat ini mendapatkan penambahan 25 personel dari Polda Jabar. Para personel ini selain di BIJB Kertajati, para personel itu juga akan diproyeksikan ke lokasi-lokasi lain yang membutuhkan penambahan pengamanan dari pihak kepolisian. Di antaranya, jalur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Pihak kepolisian dan jajaran direksi BIJB Kertajati pun telah bertemu untuk membahas sistem pengamanan saat bandara beroperasi penuh.

BACA JUGA:Sambut Ridwan Kamil Berkunjung ke Tanah Kelahiran, Charly van Houten: Gubernur Rasa Presiden

Rencananya, Polres Majalengka dan BIJB Kertajati akan menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) mengenai hal tersebut.

‘’MoU ini akan dilaksanakan secepatnya sebelum BIJB Kertajati mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023 mendatang,’’ terang Indra. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase