Berat Diongkos, Jarak 218 Km, Warga Cirebon Harus Ganti 4 Kereta untuk ke Bandara Soetta

Berat Diongkos, Jarak 218 Km, Warga Cirebon Harus Ganti 4 Kereta untuk ke Bandara Soetta

Warga Cirebon perlu waktu berjam-jam untuk mencapai Bandara Soetta. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bertahun-tahun warga CIREBON dan sekitarnya perlu berjam-jam untuk menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta yang berjarak 218 kilometer untuk perjalanan  udara.

Bandara Soetta menjadi pilihan karena banyaknya penerbangan dan jadwal yang sangat bervariasi. Apalagi untuk penerbangan internasional.

Kondisi ini sangat jauh berbeda dengan Bandara Husein Sastranegara yang tidak melayani penerbangan internasional lagi. Juga hanya beberapa rute domestik yang dioperasikan.

Masalahnya, perjalanan dari Cirebon ke Bandara Soetta membutuhkan waktu yang cukup lama, meski sudah tersedia beberapa pilihan transportasi publik.

BACA JUGA:Tenor Pinjaman BIsa Sampai 36 Bulan, Berikut Syarat Pengajuan KUR Syariah Pegadaian

Dalam beberapa kali perjalanan yang dilakukan radarcirebon.com, bahkan harus berganti sampai 3 kereta untuk mencapai Bandara Soetta.

Diawali dengan kereta api dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Gambir. Dilanjutkan menggunakan angkutan umum menuju ke Stasiun BNI City.

Dari titik ini, menggunakan Kereta Bandara menuju Bandara Soetta. Sedangkan untuk menuju teminal keberangkatan, harus berganti lagi mengunakan KA Layang atau Sky Train.

Untuk perjalanan tersebut, membutuhkan waktu setidaknya 6 jam. Karenanya hanya penerbangan siang yang bisa dijangkau dari Cirebon.

BACA JUGA:Sambut Ridwan Kamil Berkunjung ke Tanah Kelahiran, Charly van Houten: Gubernur Rasa Presiden

Selain itu, panjangnya perjalanan dan berganti-ganti transportasi publik tentu lumayan berat diongkos. 

Warga Kota Cirebon, Lucya Agung Susilawati juga merasakan lelahnya perjalanan dari Cirebon menuju Bandara Soetta saat bepergian ke Raja Ampat, Papua. 

Dari itinerary perjalanan yang dibagikan, untuk mengejar penerbangan pukul 22.00 WIB, Lucya harus sudah berangkat dari Kota Cirebon di siang harinya. Kurang lebih 6 jam dibutuhkan untuk sampai ke Bandara Soetta. 

Diungkapkan Lucya, dirinya menggunakan Kereta Api Argo Cheribon yang berangkat pukul 14.52 WIB dari Stasiun Cirebon Kejaksan dan baru tiba di Stasiun Jatinegara 17.10 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: