Punya UMKM dan Ingin Menembus Pasar Ekspor? Ikuti Jejak Brassco Gallery Cirebon

Punya UMKM dan Ingin Menembus Pasar Ekspor? Ikuti Jejak Brassco Gallery Cirebon

Owner Brassco Gallery, Budi Brassco. -Brassco Gallery-

Dalam menyiapkan penjualan ekspor lebih luas, Budi pun memahami bahwa katalog produk menjadi bagian terpenting yang harus disiapkan oleh UMKM.

Tak sekadar foto produk, namun foto tersebut harus menggambarkan secara keseluruhan kelebihan dari produk yang dijual dan sesuai dengan kebutuhan pasar ekspor yang dituju.

BACA JUGA:Desy Ratnasari Bakal Maju di Pilgub Jabar, Jadi Calon Gubernur Siap, Wakil Gubernur Juga Siap

BACA JUGA:PAN Kabupaten Cirebon Beda Dukungan dengan Pusat, Begini Kalimat Tegas Desy Ratnasari

Surat penawaran kerjasama juga menjadi salah satu yang harus disiapkan secara matang terutama dalam hal penghitungan biaya pengiriman.

"Cara pembayaran juga harus diketahui terlebih dahulu, untuk memastikan negara tersebut qualified, lebih aman jika dilakukan pengecekan terlebih dahulu ke Indonesian Trade Promotion Centre untuk mengetahui apakah buyer benar-benar qualified," paparnya.

Kehati-hatian sangat diperlukan saat hendak mengirim barang ke pasar luar. Transaksi bertransaski dengan pasar luar saat ini adalah membangun trust bagi kedua belah pihak.

Harus dicermati dalam sebuah kontrak penjualan, terkadang kendala pembayaran yang memakan waktu kerap terjadi.

Kerusakan produk ketika sampai di lokasi pengiriman juga pernah dirasakan oleh beberapa UMKM, sehingga barang mereka tidak diayar.

"Untuk antisipasi hal ini, kontrak penjualan harus dicermati, beberapa kemungkinan harus disepakati melalui kontrak penjualan, jangan sampai terjebak dengan kontrak penjualan oleh sebab itu cermati dengan baik dan cross chek terlebih dahulu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: