Hadiri Haul KHAqil Siroj ke-34, Wapres RI: Pesantren Adalah Transmiter

Hadiri Haul KHAqil Siroj ke-34, Wapres RI:  Pesantren Adalah Transmiter

Wapres RI, KH Ma'ruf Amin saat hadiri Haul KH Aqil Siroj ke-34 dan Tasyakur Khotmil Qur’an serta Juz Amma di Pondok Pesantren (Ponpes) Kiai Haji Aqil Siroj (KHAS) Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Sabtu 26 Agustus 2023.-Diskominfo Kabupaten Cirebon -

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin sebut pesantren menjadi salah satu pusat dakwah.

Keberadaanya sangat penting untuk terus mengkaji dan menyebarkan tuntunan yang terdapat dalam Qur'an dan hadist, utamanya menghadapi perkembangan zaman.

Hal tersebut disampaikan Wapres (RI) Haul KH Aqil Siroj ke-34 dan Tasyakur Khotmil Qur’an serta Juz Amma di Pondok Pesantren (Ponpes) Kiai Haji Aqil Siroj (KHAS) Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Sabtu 26 Agustus 2023.

“Pesantren ini juga menjadi semacam transmiter, penyambung pandangan-pandangan ulama terdahulu dan pandangan ulama-ulama belakangan (dalam menyikapi kondisi terkini). Kalau tidak, konslet (pemahaman masyarakat)," tutur Ma'ruf.

BACA JUGA:Begini Kesaksian Korban Selamat Kecelakaan Rombongan SLB - B YPLB Majalengka di Tol Cisumdawu

Menurut Wapres RI, peran pesantren dan ulama dalam memadukan pandangan di masa lalu dan masa kini adalah sebagai peredam kebingungan kesalahpahaman penafsiran di masyarakat.

"Di pesantren inilah transmisi ini disambungkan, sehingga ilmu orang dulu dan ilmu orang sekarang itu tidak terjadi konslet, tidak terjadi kesalahpahaman dan tabrakan."

Kalau terjadi tabrakan-tabrakan, itu tidak mesantren dia, tidak mengalami transmisi, tidak paham," tambahnya.

Dalam acara tersebut, orang nomor 2 di Republik Indonesia ini berharap, almarhum K.H. Aqil Siroj mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah Ta’ala dan jasanya dalam membangun pesantren dapat diteruskan oleh para generasi penerus tanpa putus.

BACA JUGA:Bahasa Sunda Miliki 'Undak Usuk' Akibat Penjajahan Mataram di Bumi Priangan

“Semua para pendiri pesantren, para pejuang yang dahulu mereka telah menaruh sesuatu, menegakkan suatu tonggak milestone."

"Dan kita kembangkan menjadi tempat yang menjadikan keberkahan, kebaikan bagi masyarakat, bangsa, dan negara," pungkas Ma'ruf.

Dalam kunjungannya ke Ponpes KHAS Kempek, Wapres RI didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, Pembina Pondok Pesantren KHAS Kempek K.H. Said Aqil Siroj dan Pengasuh Pondok Pesantren KHAS Kempek K.H. Musthofa Aqil Siroj.

Selain itu, hadir pula Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase