IBI Cirebon Makin Menegaskan Kiprahnya, Gelar Seminar Nasional, Anggota Semakin Banyak

IBI Cirebon Makin Menegaskan Kiprahnya, Gelar Seminar Nasional, Anggota Semakin Banyak

Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Cirebon, menggelar seminar nasional kebidanan.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Cirebon, menggelar seminar nasional kebidanan, di salah satu hotel kawasan Jalan Tentara Pelajar, akhir pekan lalu.

Ketua IBI Cabang Cirebon Dr Hj Yeni Fitrianingsih SST MKes menjelaskan, agenda merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke 72, yang diperingati tanggal 24 Juni yang lalu.

Tahun ini, peringatan HUT IBI mengambil tema “Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti”.

Pihaknya menutup rangkaian HUT IBI tahun ini, dengan menggelar seminar nasional kebidanan. Dengan tema “Penguatan Pelayanan Kebidanan Berbasis Evidence Based, Dalam Rangka Mendukung Transformasi Kesehaan”.

Yang lebih menggembirakan lagi, di puncak peringatan HUT IBI tingkat Cabang Kota Cirebon, dihadiri langsung oleh Ketua Pengurus Pusat IBI Dr Emi Nurjasmi MKes. Serta diikuti oleh rarusan bidan yang terhimpun dalam IBI Kota Cirebon.

Menurutnya, IBI Canang kota Cirebon anggotanya semakin meningkat, saat ini yang terdata ada 695 anggota IBI.

“Alhamdulillah selalu solid dan kompak. Kiprah IBI berdasarkan profesinya selalu terdepan dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA), program imunisasi dan vaksinasi. Bahkan pada masa pandemi covid-19 para bidan juga menjadi garda terdepan. Kita juga berupaya mendukung program zero stunting, ujarnya.

BACA JUGA:Daftar 20 Beasiswa Bergengsi Agustus dan November 2023 di 12 Negara, Mulai S1, S2, S3 dan Non Degree

Menurutnya, para bidan saat ini mesti terus beradaptasi dengan regulasi kebidanan semakin dinamis, semoga perubaha regulasi ke depan akan jadi baikan buat profesi bidan dalam menjalankan tugas-tugas mulianya.

Ketua panitia HUT IBI ke-72 Kota Cirebon Eva Susanti SST MKes menjelaskan, dalam peringatan HUT IBI tahun ini, beragam kegiatan telah dilaksanakan oleh sejak kepanitiaan HUT IBI dibentuk sejak bulan Mei lalu. 

Di antaranya, pelayanan kesehatan Ibu dan anak, dan Kespro pelayanan imunisasi serempak. Ada juga kegiatan pelayanan kontrasepsi serentak, bakti sosial pemberian PMT cegah Stunting, anjangsono kepada sesepuh IBI.

“Puncaknya, Acara peringatan HUT IBI ke -72, Ikatan Bidan Indonesia Cabang Kota Cirebon menggelar seminar nasional kebidanan,” ungkapnya.

Dalam seminar ini, Ketua Pengurus Pusat IBI menjadi narasumber menyampaikan program kerja target IBI untuk terus menekan angka kematian Ibu dan Bayi di Indonesia. 

BACA JUGA:Cara Membuat Donat 2 Bahan Anti Gagal Berikut Tips and Triknya, Bisa Dicoba di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: