Wakil Bupati Cirebon Buka Riksa Budaya Jawa Barat

Wakil Bupati Cirebon Buka Riksa Budaya Jawa Barat

, Riksa Budaya Jawa Barat dihadiri oleh Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningasih SE MM dan Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum SE.-Andri Wiguna-radarcirebon.com

LEMAHABANG, RADARCIREBON.COM -Sejumlah pertunjukan seni budaya Cirebon seperti Tari Topeng, Tarling Klasik, Angklung Bungko, Brai, Calung Burok, Masres atau Sandiwara, Wayang Golek Cepak dihadirkan secara khusus dalam Riksa Budaya Jawa Barat 2023 yang digelar di Kecamatan Lemahabang, kamarin.

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Disparbud Provinsi Jawa Barat dan Disbudpar Kabupaten Cirebon, Riksa Budaya Jawa Barat dihadiri oleh Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningasih SE MM dan Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum SE.

Wakil Bupati (Wabup) Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi dalam sambutannya menyebut bahwa Riksa Budaya Jawa Barat merupakan agenda rutin tahunan yang sangat bermanfaat dan penting sekali bagi pelestarian budaya di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cirebon.

“Banyak pelaku seni yang tersebar di banyak daerah di Kabupaten Cirebon, dengan kegiatan ini minimal bisa bersilaturahmi, guyub, kumpul dan semuanya rukun,” ujar Wabup Ayu.

BACA JUGA:Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Bersama Shining Star

BACA JUGA:Modena Cooking Demo Semarakkan HUT RI dan Anniversary SIP Electronic

Menurutnya, dalam peradaban modern saat ini, butuh penguatan nilai-nilai budaya warisan leluhur yang perlu diperkuat sebagai bentuk kepedulian atau komitmen bersama untuk melindungi, mengembangkan dan memanfaatkan berbagai macam seni dan budaya sesuai dengan kearifan lokal.

“Tugas kita adalah mengenalkan semua seni, budaya dan tradisi leluhur kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, sehingga nantinya akan diteruskan ke anak cucu dan para generasi penerus sehingga tetap lestari sampai kapanpun,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan, pembangunan di Jawa Barat tidak lepas dari nilai-nilai seni dan budaya serta tradisi Jawa Barat.

“Kita harus mengenal seni dan budaya Jawa Barat, setelah kenal tentu akan cinta, agar bisa dikenal tentu harus dipertontonkan setiap saat ada kesempatan, salah satunya melalui Riksa Budaya Jawa Barat yang sekarang digelar di Cirebon,” paparnnya.

BACA JUGA:Menteri BUMN Erick Thohir Hadiri Pesta Rakyat Simpedes BRI, 20.000 Orang Semarakkan Pesta UMKM

BACA JUGA:Usaha Gini-gini Aja? Butuh Modal? Nih Pinjaman Usaha Syariah Pegadaian Limit Rp 400 Juta, Sesuai Fatwa MUI

Menurutnya, seni dan budaya merupakan benteng serta pilar yang bisa melindungi jati diri dan identitas Jawa Barat dari budaya-budaya luar yang bisa membuat nilai-nilai kearifan lokal bisa menghilang.

“Semoga dengan Riksa Budaya ini bisa memfasilitasi masyarakat agar bisa melihat dan menonton pertunjukan seni dan budaya, mari kita lestarikan seni dan budaya kita,” ungkapnya. (dri/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: