JANGAN TAKUT! Ini Cuma Latihan, Korem 063 SGJ Kembali Tangani Unjuk Rasa Ricuh di Kota Cirebon

JANGAN TAKUT! Ini Cuma Latihan, Korem 063 SGJ Kembali Tangani Unjuk Rasa Ricuh di Kota Cirebon

Korem 063 SGJ kembali melaksanakan latihan penanganan konflik sosial di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) kembali melaksanakan latihan penanganan konflik sosial di Jalan Siliwangi, Kota CIREBON, Kamis, 31, Agustus 2023.

Dalam latihan kali ini, diskenariokan aksi unjuk rasa mengalami peningkatan eskalasi dan cenderung mengarah anarkis. Termasuk penjarahan sebuah kantor bank di Jl Siliwangi.

Eskalasi ini, membuat pasukan keamanan harus berhadapan dengan masa yang melakukan serangan dengan beragam benda seperti kayu hingga lemparan material.

Danrindam III/Siliwangi Kolonel (Inf) Uyat selaku Wakil Komandan Latihan menjelaskan, latihan yang dilaksanakan hari ini sebagai tahapan akhir kegiatan latihan penanganan konflik sosial.

BACA JUGA:BYE BYE PERTALITE, Ini 3 Produk Baru Pertamina di Tahun 2024, BBM Dicampur Bio Etanol Oktan Melonjak Jadi 92

"Skenario yang dibuat, ada aspirasi dalam bentuk unjuk rasa dengan eskalasi cukup tinggi. Sehingga menuntut aparat keamanan khususnya Korem 063 sebagai komando kewilayahan menangani permasalahan yang ada," kata Kolonel Uyat, kepada radarcirebon.com di lokasi latihan.

Dijelaskan dia, dalam penanganan konflik sosial, tentu mengerahkan segala potensi yang ada. Pasukan dari jajaran Korem 063 SGJ melakukan kolaborasi dengan pihak terkait yakni pemerintah daerah dan kepolisian.

"Yang dilatih, bagaimana prosedur yang dilakukan Korem 063 SGJ terhadap persoalan yang ada. Salah satunya konflik sosial," tuturnya.

Kegiatan ini, diharapkan dapat melatih staf yang selama ini merancang tugas operasi, terutama dalam aplikasinya di lapangan.

BACA JUGA:Rencana Pertamina: Pertalite Dihapus Tahun 2024 Diganti Produk Baru Pertamax Green 92, Berapa Harganya?

Saat ditanya apakah latihan ini terkait dengan persiapan Pemilu 2024, Kolonel Uyat menegaskan, agenda tidak terfokus kepada hal tersebut. Sebab, kegiatan ini merupakan latihan tahunan.

"Sebenarnya tidak terfokus ke Pemilu 2024. Ini program dari TNI AD, dari tahun ke tahun selalu ada. Di seluruh Indonesia ada, di semua kodam. Di tahun ini kebagian di Korem 063 SGJ. Di tahun lalu, latihan di Garut," jelasnya.

Kegiatan latihan, sambung dia, dalam rangka memberikan kesiapan jajaran TNI AD khususnya Korem. Tentu tetap mengedepankan aspek preventif.

Latihan di Cirebon ini, dilaksanakan selama 5 hari, terdiri dari perencanaan, hingga aplikasi di lapangan. Kemudian penanganan unjuk rasa mulai dari eskalasi kecil hingga membesar seperti yang baru saja dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: