Per 28 Oktober 2023 Mendatang, Bandara Kertajati Akan Bangkit dari Mati Suri

Per 28 Oktober 2023 Mendatang, Bandara Kertajati Akan Bangkit dari Mati Suri

Bandara Kertajati beroperasi penuh pasa 28 Oktober 2023.-Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Sejarah akan mencatat pada 28 Oktober 2023 mendatang, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan beroperasi.

Dari bandara yang dulunya sepi, mulai 28 Oktober 2023 mendatang, akan menjadi bandara yang sibuk melayani penumpang.

Tentu saja, hal ini berkat dukungan akses transportasi yang memadai, seperti kehadiran jalan Tol Cisumdawu.

Jalan Tol Cisumdawu merupakan jalan bebas hambatan yang menghubungkan wilayah Bandung Raya dengan Ciayumajakuning atau sebentar lagi akan menjadi Metropolitan Rebana.

BACA JUGA:Harga BBM Naik Per 1 September, Bagaiamana dengan Pertalite?

Sejumlah penerbangan juga sudah disiapkan untuk melayani rute domestik dari Bandara Kertajati.

Rute domestik yang sebelumnya berada di Bandara Husein Sastranegara Bandung, secara bertahap akan dipindahkan Bandara Kertajati Majalengka sesuai penataan yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menariknya, sudah banyak investor yang berminat masuk sebagai pengelola. Mereka sedang dalam tahap bidding dan segera dituntaskan sebelum bandar udara internasional itu, benar-benar beroperasi.

"Bandara Kertajati 28 Oktober sudah beroperasi penuh. Pesawat-pesawat yang ada di Bandung akan pindah ke Kertajati," kata Menhub Budi di Gedung DPR RI, Rabu 30 Agustus 2023.

BACA JUGA:Bandara Kertajati Dipakai Parkir Pesawat Kenegaraan New Zealand hingga Kanada, Pengamanan Super Maksimal

Menurut Menhub, untuk tahap awal pemindahan penerbangan baru sebatas pesawat dengan mesin jet. Sedangkan pesawat bermesin baling-baling masih disisakan di Bandara Husein Sastranegara.

Namun, setahun ke depan maksimal, seluruh penerbangan komersial tersebut akan dipindahkan ke Bandara Kertajati.

Yang membuat menhub bangga, ternyata banyak investor yang berminat dengan Bandara Kertajati. Baik investor asing maupun dalam negeri.

Saat ini pemerintah sedang penjajakan agar Bandara Kertajati nanti bisa dimiliki sebagian oleh investor luar negeri tersebut.

"Sekarang lagi bidding, bidding untuk dioperasikan dan juga dimiliki sebagian oleh investor dalam dan luar negeri.”

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Pabrik Gas di Indramayu Kebakaran, Kaleng Kemasan Berterbangan

“Sangat membanggakan bahwa investor luar berminat untuk mengelola dan juga memiliki sebagian saham dari Kertajati," tandasnya.

Budi juga optimis penerbangan di Kertajati akan semakin banyak di tahun depan karena Bandara ini akan melayani penerbangan haji.

"Sudah diputuskan dan sudah dilaksanakan haji pertahun kemarin 68 ribu dan Insya Allah tahub depan meningkat, dan juga umroh sudah rutin.”

“Efektif (beroperasi) itu 28 Oktober 2023 karena itu lah masa komersial dari suatu penerbangan berlaku secara internasional," kata dia. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase