10 Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Kamu Coba!

10 Makanan Khas Cirebon Yang Wajib Kamu Coba!

5 Rekomendasi Nasi Jamblang Cirebon, Tempat Makan Tradisional yang Paling Terkenal -capture-About Semarang

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Berkunjung ke Cirebon memberikanmu kesempatan untuk mencicipi beragam kuliner khas kota Cirebon dengan cita rasa yang menarik.

Kamu bisa menyantap makanan khas cirebon mulai dari yang berkuah, pedas, manis, hingga makanan ringan untuk cemilan.

Penasaran apa aja makanan khas kota Cirebon ini? yuk simak penjelasan di bawah ini

1. Empal gentong
Makanan khas Cirebon yang paling terkenal di Indonesia adalah empal gentong. Empal gentong merupakan makanan berkuah yang terbuat dari bahan dasar daging sapi, usus, babat, dan aneka jeroan yang dimasak dengan bumbu rempah dan santan sehingga tampilannya sekilas mirip dengan gulai atau soto betawi. Empal gentong memiliki ciri khas memasaknya yang menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat sehingga aroma dan rasanya menjadi lebih unik.

2. Nasi Lengkoh
Makanan khas cirebon selanjutnya yaitu ada nasi lengko. Nasi lengko ini berbahan dasar nasi di padu dengan tempe, tahu, mentimun,  toge, dan di taburi dengan kecap serta bawang goreng. Nasi lengko sangat pas di makan dengan kerupuk.

BACA JUGA:8 Fakta Menarik Persib jelang Menghadapi Persija

BACA JUGA:Hubungan dengan Bobotoh Sedang Memanas, Komentar Nick Kuipers Ini Bikin Adem

3. Nasi Jamblang
Nasi jamblang adalah makanan khas cirebon yang tidak bisa di temukan di manapun, berbahan dasar nasi putih dengan ciri khas nya yaitu di sajikan di daun jati. Untuk lauk pauk nya bisa di sesuaikan dengan selera, mulai dari tempe, telor dadar, ayam dan lain sebagainya.

4. Mie Koclok
Mie koclok merupakan mie bertekstur basah karna disiram dengan kaldu ayam kental dari adonan tepung maizena. Di tambah taburan bawang goreng hingga suwiran ayam goreng yang dihidangkan sebagai topingnya.

5. Tahu Gejrot
Tahu gejrot merupakan makanan khas cirebon yang sudah lama ada. Berbahan dasar tahu pong yang di potong-potong kemudian di siram dengan kuah yang sudah di buat dengan rasa asam, manis juga di tambah dengan cabai, bawang merah dan bawang putih, serta gula merah untuk menambah aroma dan rasa yang enak.

6. Ketoprak
Ketoprak menjadi makanan khas cirebon dengan bahan dasar lontong yang di padukan dengan sambal kacang di tambah potongan tahu goreng serta bihun, untuk menambah cita rasa di ketoprak tersebut biasa nya di taburi dengan bawang goreng dan juga mentimun.

BACA JUGA:Bobotoh Kuningan Gelar Nobar Persija vs Persib, Ini Lokasinya

BACA JUGA:Wisata Bukit Anti Galau Cirebon, Tawarkan Keindahan Alam

7. Rujak Kangkung
Makanan khas Cirebon yang satu ini berbahan dasar sayur kangkung yang direbus di padu dengan sambal asem yang pedas.

rujak kangkung ini sering juga disebut rujak kangkung dadakan, karena proses membuatnya dengan kangkung yang direbus mendadak dan diaduk sendiri bersama sambal saat disajikan.

8. Docang
Makanan khas cirebon selanjutnya yaitu docang yang mirip dengan lontong sayur. Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar ketupat yang diiris-iris lalu daun singkong rebus, tauge, irisan daun kucai, kelapa parut, dan bawang goreng. Meski sekilas mirip lontong sayur, tapi warna dari kuah docang cenderung kemerahan karena punya rasa yang agak pedas.

9. Kerupuk Melarat
Salah satu makanan khas cirebon yang unik adalah kerupuk melarat. Dari namanya pun sudah sangat berbeda karena katanya kerupuk ini tidak di goreng menggunakan minyak goreng yang terjangkau mahal, namun hanya menggunakan pasir yang tentunya sudah di bersihkan. Untuk itu kerupuk ini dikatakan kerupuk melarat yang dalam arti bahasa Indonesia melarat itu "miskin"

BACA JUGA:HTM Ramah Kantong Bisa Dapatkan : Top! 3 Tempat Wisata Majalengka

BACA JUGA:Sejalan Agenda AIPF 2023, Holding Ultra Mikro BRI Terus Jalankan Sustainable & Innovative Financing di 36 Juta

10. Tape ketan daun jambu
Makanan khas cirebon yang terakhir yaitu tape ketan, yang membuat tape ini khas adalah penyajian nya yang menggunakan daun jambu dengan aroma daun jambu yang khas tape ini menjadi semakin enak untuk di nikmati.

Nah, itulah berbagai macam makanan khas cirebon yang wajib kamu coba, mampir di cirebon bakal nyesel kalo engga kulineran, karena cita rasa yang khas hanya ada di kuliner cirebon. (Nur Lafifah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: