Ngomong Sunda, Rachmat Irianto Bikin Heboh Bobotoh, Ibu Kuningan, Ayahnya Pengagum Nasi Jamblang

Ngomong Sunda, Rachmat Irianto Bikin Heboh Bobotoh, Ibu Kuningan, Ayahnya Pengagum Nasi Jamblang

Rachmat Irianto bikin heboh Bobotoh Persib Bandung karena bisa bicara dalam Bahasa Sunda dan ibunya berasal dari Kuningan.-Rachmat Irianto/Ig-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pemain Persib Bandung Rachmat Irianto, pada awal tahun ini, pernah membuat heboh para bobotoh

Pasalnya, mantan pemain Persebaya Surabaya ini, mengunggah status di akun media sosial pribadinya dengan menggunakan bahasa Sunda.

Para bobotoh yang aktif di media sosial menganggap anak dari mantan pesepakbola nasional Bejo Sugiantoro ini, sedang belajar bahasa Sunda.

Anggapan bobotoh ini bisa jadi benar. Karena banyak yang tahu kalau Rachmat Irianto itu berdarah Surabaya. 

BACA JUGA:Sesumbar HSG, Anies - Muhaimin Menang di Kota Cirebon, Ini yang Akan Dilakukan DPD Nasdem

Hari-hari dia selalu menggunakan bahasa Jawa. Dia juga lahir, besar bahkan hingga menikah pun di Kota Surabaya. 

Apalagi Rachmat Irianto lama membela Persebaya. Kemudian ayahnya, Bejo Sugiantoro, juga lama menjadi asisten pelatih pasukan “Bajol Ijo” itu.

Tak salah jika Rachmat Irianto dinilai tidak bisa berbahasa Sunda. Bahkan banyak yang mengatakan kalau sosok yang rapih penampilannya ini, baru belajar bahasa Sunda.

Hanya yang perlu diketahui, sebenarnya Rachmat Irianto itu masih berdarah Sunda. Ibunya yang bernama Yetty Rachmawati, masih asli Kuningan, Jawa Barat.

BACA JUGA:Penyebab Angin Kencang di Ciayumajakuning Dipengaruhi Faktor Lokal, Simak Penjelasan BMKG

Walau keluarga besar pesepakbola yang masih tinggal di Kota Pahlawan Surabaya ini, namun hampir setiap tahun selalu pulang kampung ke Kuningan. Setidaknya setahun sekali. Ketika Hari Raya Idul Fitri. 

Sebenarnya wajar, kalau Rachmat Irianto bisa berbahasa Sunda. Selain sudah beberapa musim kompetisi membela Persib Bandung, juga karena nenek moyangnya masih berdarah Sunda dari Kuningan.

Bahkan, ayahnya, Bejo Sugiantoro itu juga lumayan fasih berbahasa Sunda. Selain karena isterinya yang asli orang Sunda, Bejo juga pernah lama menjadi asisten dari Djadjang Nurdjaman. Ketika keduanya masih sama-sama di Pesebaya.

Seperti diketahui, pria yang akrab dipanggil Djanur ini pernah melatih Persebaya dalam beberapa musim. Djanur ini pernah melatih Persebaya dan asli Sunda. Dia berasal dari Majalengka, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: