TNI, Polisi hingga Ormas Gelar Aksi Bebersih Sungai Kriyan Kota Cirebon

TNI, Polisi hingga Ormas Gelar Aksi Bebersih Sungai Kriyan Kota Cirebon

Lanal Cirebon menggelar aksi bebersih Program Kali Bersih Nasional TNI AL di sepanjang aliran Sungai Kriyan, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Selasa (5/9/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sekitar 300 orang dari TNI, Polri, ormas, instansi pemerintah, BPBD, pelajar dan berbagai elemen masyarakat lainnya melakukan aksi bersih Sungai Kriyan, Selasa (5/9/2023).

Aksi bersih Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional TNI AL tersebut dilakukan disepanjang aliran Sungai Kriyan, Kampung Mandalangan, Kelurahan Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Pantauan radarcirebon.com, dengan menggunakan 9 perahu karet, ratusan peserta menyisir aliran Sungai Kriyan memunguti sampah.

Hadir pada kegiatan tersebut Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol INF Robil Syaefullah, Danyon Arhanud 14/PWY Mayor Arh Yanuar Yudistira.

Kemudian hadir pula Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi, perwakilan keluarga Keraton Kasepuhan, Camat Lemahwungkuk, Lurah Kasepuhan, Danramil Lemahwungkuk, Kapolsek Lemahwungkuk dan pejabat lainnya.

"Aksi ini kami gelar dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI AL dan sebagai kampanye pada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai," ungkap Danlanal Cirebon.

Dijelaskan Letkol Laut (P) Ridwansyah, Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional TNI AL tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia.

BACA JUGA:6 Maskapai yang Beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka, Rute Sudah Fix, Ada Internasional dan Domestik Yuk

Dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali terpusat dari Jakarta.

"Kegiatan pagi hari ini (5/9/2023), dilaksanakan di 78 titik se-Indonesia juga memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Total yang terlibat pada kegiatan ini sebanyak 300 orang dengan jumlah perahu karet sebanyak 9 unit," jelasnya.

Menurut Danlanal, Sungai Kriyan dipilih sebagai Program Kali Bersih (Prokasih) karena banyak sampah di aliran sungai tersebut.

"Kali Kriyan ini tentunya sudah kita sounding dan kita cek selama seminggu," katanya.

"Dan hasilnya Sungai Kriyan menjadi salah satu nominasi dan akhirnya kami putuskan lokasi ini sebagai titik awal dari kegiatan kali bersih nasional," imbuh Danlanal.

Perwira melati dua ini berharap, kegiatan Program Kali Bersih Nasional ini bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: