Oktober 2023, Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Himbauan Penumpang Wajib Disimak

Oktober 2023, Bandara Kertajati Beroperasi Penuh, Himbauan Penumpang Wajib Disimak

Oktober 2023, Bandara Kertajati akan beroperasi secara penuh setelah semua rute penerbangan pesawat jet, dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara.-BIJB-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka, akan dioperasikan secara penuh pada 29 Oktober 2023 mendatang.

Seluruh rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung, akan digeser seluruhnya ke Bandara Kertajati Majalengka.

Untuk tahap awal, seluruh rute penerbangan dengan pesawat jenis jet, akan dialihkan seluruhnya ke Bandara Kertajati.

Sementara itu, untuk jenis pesawat propeller atau baling-baling, akan dialihkan seluruhnya dari Bandara Husein ke Kertajati, maksimal tahun 2024.

BACA JUGA:Tak Ada Negosiasi, Kontraktor Gedung Siber IAIN Syekh Nurjati Wajib Patuhi Kesepakatan dengan Warga

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Muhammad Taufiq Budi Santoso, sedikitnya ada 5 maskapai yang dipindahkan.

"Termasuk dua maskapai yang melayani rute luar negeri," kata Taufiq.

Lebih lanjut jelas Taufiq, nantinya penerbangan dari Kertajati akan menghubungkan kembali rute ke tujuh kota di beberapa provinsi. Di antaranya Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, dan Bali. 

"Itu keputusan Pak Menteri. Untuk armada akses dari sana ke sini sudah disiapkan bersama Damri dan pihak penyedia lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:Cak Imin Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Cirebon, Pesannya Menyinggung Cebong dan Kampret Jelang Pilpres

Dirinya menegaskan, pada bulan Oktober 2023, pemindahan rute penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati, sudah pasti terlaksana.

"Pokoknya tanggal 29 harus siap melayani penerbangan baik domestik dan luar negeri," ucap Taufiq. 

Sementara itu,  Bandara Husein Sastranegara akan tetap berfungsi dengan melayani rute penerbangan domestik menggunakan pesawat propeller.

Bagi penumpang yang akan terbang rute domestik, berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan di Bandara Kertajati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: