Bulan Oktober, Langit Majalengka Bakal Ramai Pesawat Terbang

Bulan Oktober, Langit Majalengka Bakal Ramai Pesawat Terbang

Ilustrasi. Setelah berfungsi penuh di bulan Oktober 2023, langit Majalengka bakal ramai oleh pesawat terbang dari Bandara Kertajati.-Ilustrasi-Radar Cirebon

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Langit Kabupaten MAJALENGKA, diprediksi bakal ramai oleh hilir mudik pesawat terbang pada bulan Oktober mendatang.

Hal tersebut, berdasarkan rencana pemindahan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati Majalengka.

Wacana pemindahan rute penerbangan tersebut, diumumkan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli 2023 lalu, saat peresmian Jalan Tol Cisumdawu.

"Dan nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh. Artinya, dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," kata Jokowi.

BACA JUGA:36 Pesawat Bakal Hilir Mudik di Bandara Kertajati

Sementara itu, untuk Bandara Husein sendiri, tetap melayani penerbangan, tetapi dengan menggunakan pesawat propeller atau baling-baling.

"Untuk yang jet Oktober. Baling-baling maksimal 1 tahun," imbuhnya.

Guna mendukung wacana tersebut, Perum Damri membuka tiga rute untuk menghubungkan bandara tersebut dengan beberapa wilayah di Jawa Barat.

Tiga rute tersebut adalah Bandung-Kertajati, Cirebon-Kertajati, dan Kuningan-Kertajati. 

BACA JUGA:Saingan Baru Bandara Kertajati, 45 Menit sampai Jakarta, 50 Menit lewat Tol Cisumdawu, Pilih Mana?

Untuk tahap awal, baru ada 4 unit armada Damri yang akan dioperasikan dengan melayani rute Bandara Kertajati.

Corporate Communication Damri, Lishna Nurul Hikmah mengatakan, rute ke Bandara Kertajati baru beroperasi 2 kali dalam seminggu.

“Untuk saat ini Damri melayani ketiga rute tersebut yang beroperasi setiap dua hari dalam seminggu, yaitu Rabu dan Minggu," kata Lishna Nurul Hikmah.

Dalam keterangan tertulisnya Lishna menyebutkan, rute Damri ke Bandara Kertajati, menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang ada saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: