Bukan Jalan Tol, Kuningan - Cirebon akan Bangun Jalan Lingkar, Akses Jadi Lebih Cepat, Nyambung ke Tugu Ikan?

Bukan Jalan Tol, Kuningan - Cirebon akan Bangun Jalan Lingkar, Akses Jadi Lebih Cepat, Nyambung ke Tugu Ikan?

Jalan Lingkar Cirebon Kuningan akan dibangun Pemkab Cirebon dan Kuningan. Foto Jalan Baru Kuhningan di wilayah Cijoho.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten CIREBON dan Kuningan bersepakat untuk melaksanakan proyek jalan lingkar yang terhubung ke jalan Baru Kuningan via Tugu Ikan.

Kendati demikian, trase jalan lingkar non tol ini, belum dibahas lebih lanjut. Pada tahap awal pembahasan, kedua kepala daerah telah menyepakati poin-poin prinsip.

Misalnya terkait pembebasan lahan yang dilakukan masing-masing pemerintah daerah, dan biaya pembangunan oleh pemerintah pusat.

Bupati Cirebon, H Imron mengatakan, dirinya dan Bupati Kuningan sudah sepakat untuk membangun akses jalan tersebut.

BACA JUGA:Baru 3 Maskapai di Bandara Kertajati, Kemenhub Minta Ditambah dan Buka Rute Baru Lombok, Kalimantan - Sumatera

Dengan harapan dapat mempercepat waktu tempuh perjalanan dari Cirebon ke Kuningan dan sebaliknya.

"Tadi sudah dibahas dengan bupati Kuningan, intinya pembangunan yang saling sinergi dan saling mendukung," kata Imron di Kantor Setda Kabupaten Cirebon, Jumat, 15, September 2023.

Imron mengaku, belum mengetahui titik lokasi atau trase jalan lingkar tersebut. Namun, diharapkan daerah yang dilalui sama-sama menguntungkan.

Apalagi saat ini volume kendaraan di Jalan Raya Cirebon - Kuningan sudah sangat padat. Sehingga waktu tempuh yang biasanya 30 menit kini bisa sampai 45 menit hingga 1 jam.

BACA JUGA:Mengenal Boreh, Kosmetik Putri Keraton Cirebon yang Dipakai untuk Mengecilkan Perut

Sementara itu, Bupati Kuningan, Acep Purnama mengaku menyambut baik rencana ini. Dia juga sepakat bahwa lalu lintas di Jalan Raya Cirebon Kuningan memang sudah sangat padat.

Sehingga perlu alternatif lain yang memudahkan mobilitas masyarakat di daerah bertetangga ini.

Apalagi jarak dari Jalan Baru Kuningan di Sampora ke Kabupaten Cirebon hanya 100 meter saja. Sehingga sangat memungkinkan disambungkan.

Tetapi, Acep juga belum mengetahui trase jalan yang akan digunakan untuk pembangunan jalan lingkar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: