Harga Bergejolak, Bulog Salurkan 360 Ton Beras di Cirebon

Harga Bergejolak, Bulog Salurkan 360 Ton Beras di Cirebon

Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah September - November.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Imam menambahkan, penyerapan beras terus dilakukan setelah sebelumnya dilakukan pada panen rendeng.

Target pengadaan beras tahun ini berjumlah 96.500ton dan sudah terealisasi kurang lebih 82ribu ton.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Nasib Beckham Putra di Timnas U-24 Asian Games Berdasarkan Kesaksian Indra Sjafri , Sayang Sekali!

Dengan ketersediaan ini pihaknya yakin cadanganpangan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan bisa diamnkan.

"D musim panen penyerapan stok beras juga tetap kai optimalkan, namun saat in harga gabah sudah jauh di atas HPP, di sisi produsen menguntungkan petani namun dari sisi hilir kita harus waspada akan kenaikan harga, sehingga kami lakukan penyaluran bantuan pangan dalam bentuk beras ini," tukasnya. 

Dalam penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di kota Cirebon, Executive General Manager PT POS KCU Cirebo, Sumaryanto meuturkan ada tiga mekanisme penyaluran.

Yang pertama yakni melalui komunitas, kecamatan, maupun keluruhan.

Kemudian bisa dilakukan di kantor Pos , dan bagi penerima yang sakit atau sepuh sehingga tidak memungkinkan penerima berjalan maka akan diantarkan ke rumah penerima oleh petugas Pos.

"Di Kota Cirebon ada 36.525 Penerima Bantuan Pangan (PBP), targetnya penyaluran tuntas sampai akhir bulan September ini," terangnya. 

Di samping itu, Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati turut berterimakasih pada Badan Pangan Nasional yang memajukan pembagian bantuan ke masyarakat khususnya saat harga pangan saat ini sedang bergejolak.

Hal ini juga menjadi salah satu langkah pemerintah Kota Cirebon dan TPID untuk bisa melihat kondisi ketahanan pangan.

Dalam pembagian bantuan ini, menggunakan data yang telah ada di Dinas Sosial dan sudah terkonseksi dengan kementrian sosial.

Masyarakat yang belum mendapatkan batua, sudah diusulkan ke Kemensos, usulan melalui kelurahan dan dinas sudah dilakukan karena dipastikan banyak warga yang belum atau berganti status yang semula miskin menjadi tidak miskin atau sebaliknya.

"Kembali kami minta data BPS per faq pemutakhiran data sangat penting untuk diperbaharui setahun sekali dan dievaluasi agar tidak terjadi ketimapangan di lapangan, kalau data on track, jelas, tidak akan terjadi ketimpangan di lapangan," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan BI turut mendukung dan menyambut baik Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Kota Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: