Harga Bergejolak, Bulog Salurkan 360 Ton Beras di Cirebon

Harga Bergejolak, Bulog Salurkan 360 Ton Beras di Cirebon

Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah September - November.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Selain dapat membantu masyarakat kurang mampu dalam ketersediaan bahan pokok, pelaksanan ini juga turut membantu stabilisasi harga khususnya beras.

Bulan Agustus lalu, Kota Cirebon tercatat mengalami deflasi -0,11 persen.

Jika dilihat dari komponen yang menyumbangkan inflasi di kota Cirebon, beras bukan menjadi komoditas yang memberikan sumbang inflasi terbesar.

"Meski begitu, harga beras tetap menjadi perhatian karena beras memiliki kecenderungan harga yang terus meningkat," jelasnya.

Kenaikan harga beras juga diperkirakan karena faktor cuaca yang menganggu produktifitas produksi petani akan beras berkurang.

Cirebon yang menjadi daerah produsen memiliki ketersediaan pasokan yang aman. Namun tetap harus waspada dan terus memperhatikan kondisi adanya kenaikan harga beras.

Mekanisme pasar justru menjadi perhatian khusus dalam kenaikan harga beras ini.

"BI bersama TPID saat ini telah menyusun beberapa program bagaimana menjaga stabilitas harga beras di tengah kenaikan harga beras dengan program Gerakan Pangan Murah (GPM), Operasi pasar Murah (OPM), dan beberapa kegiatan lain untuk pengendalian harga," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: