Taspen Cirebon Tanam 5.000 Mangrove di Pesisir Kesenden Kota Cirebon

Taspen Cirebon Tanam 5.000 Mangrove di Pesisir Kesenden Kota Cirebon

PT Taspen (Persero) Cirebon melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di pesisir pantai Kesenden Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon, Jumat (23/9). Foto:-APRIDISTA SITI RAMDHANI -

CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT Taspen (Persero) Cirebon melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di pesisir pantai Kesenden Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon, Jumat (23/9/2023).

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PT Taspen (Persero) ini turut dihadiri juga oleh unsur pejabat dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Seperti Asisten Daerah Kota Cirebon, Plt Kepala BPKPD Kota Cirebon, pejabat dari BKPSDM, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII Jawa Barat, KPPN, perwakilan perbankan, pemerintah kelurahan dan segenap jajaran karyawan PT Taspen Cirebon

Branch Manager PT Taspen (Persero) Cirebon, HK Yuda Perwira menuturkan penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka melaksanakan pelestarian dan perlindungan daerah pesisir.

Di samping itu untuk pencegahan terjadinya abrasi dan banjir rob.

Dia menambahkan, bahwa kondisi pesisir pantai di Cirebon saat ini sangat diperlukan adanya konservasi atau pemulihan ekosistem.

Sehingga diharapkan dengan adanya penanaman mangrove ini bisa menghadirkan ekosistem baru.

BACA JUGA:Saldo Cuma Segini-gini Aja, Siap-siap Aturan Baru Penutupan Rekening Otomatis Bank BCA, Berlaku 1 November

"Kondisi pesisir di Cirebon tidak ada pantai, hanya ada lumpur yang langsung ke tempat tinggal penduduk, jadi untuk menahan air laut agar tidak terjadi abrasi kami tanami mangrove," ungkapnya. 

Penanaman mangrove kali ini, PT Taspen (Persero) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon yang mempunyai program menggalakkan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Kota Cirebon.

Hal ini dilakukan karena keberadaan kawasan mangrove di Kota Cirebon mengalami degradasi yang sangat memprihatinkan.

Akibat berbagai kepentingan pembangunan pengembangan industri, penebangan pohon yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah konservasi lingkungan , kelangsungan ekosistem dan pelestarian lingkungan hidup.

Dalam penanaman ini, Taspen memberikan garansi waktu penenaman yakni masa pemeliharaan selama 1,5tahun.

"Jika di masa pemeliharaan ini mangrove bisa hidup dan tumbuh maka nantinya bisa dirawat oleh masyarakat sekitar," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: