Mengawali Bisnis agar Sukses, Bagaimana Caranya? Tips dan Trik dari Pakar Marketing Ini bisa Jadi Panduan

Mengawali Bisnis agar Sukses, Bagaimana Caranya? Tips dan Trik dari Pakar Marketing Ini bisa Jadi Panduan

Panduan mengawali usaha agar sukses. -Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Memulai sesuatu, termasuk bisnis, sudah merupakan 50 persen dari kesuksesan. Tapi tidak gampang untuk mengawali langkah pertama berbisnis.

Banyak faktor yang menyebabkan banyak orang merasa berat untuk memulai langkah pertama untuk usaha dan bisnis. Selain nyali, biasanya kemampuan yang menjadi pertimbangan utama.

Seperti diketahui, bisnis merupakan kegiatan seseorang atau sekelompok orang membuat, menjual atau menukarkan barang/jasa dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dalam bisnis, orang-orang berusaha menciptakan ide-ide baru dan mengembangkan produk atau layanan yang bermanfaat bagi orang lain.

BACA JUGA:Penerbangan Pindah ke Kertajati, Begini Gambaran Kondisi Bandara Husein Sastranegara setelah 28 Oktober

Memang ada perbedaan antara bisnis dan usaha ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya pelaku kegiatan. 

Secara umum, usaha merupakan tindakan atau kegiatan yang terjadi dalam lingkup perekonomian. 

Adapun bisnis berarti usaha untuk menjual produk, baik barang maupun jasa, yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

Nah, persoalan terberat adalah bagaimana mengawali bisnis atau usaha tersebut? Ini ada panduan yang mungkin berguna bagi yang ingin mengawali berbisnis.

BACA JUGA:ASEAN PR Nobatkan BRI Sebagai ‘Best Government Public Relations in Indonesia’, Buah Kehumasan Yang Efektif

Panduan itu datang dari Tri Wibowo. Pakar digital marketing ini membagi 8 langkah untuk mengawali bisnis agar sukses.  Berikut ini tips dan trik dari Tri Wibowo:

1. Mulai dengan Rencana Bisnis yang Solid

Buat rencana bisnis yang jelas dan komprehensif. Definisikan visi, misi, dan tujuan bisnis Anda. Identifikasi pasar target, pesaing, dan strategi pemasaran yang akan Anda gunakan.

Rencana bisnis yang baik akan membantu Anda mengarahkan langkah-langkah Anda, mengatasi tantangan, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: