Kepindahan Rinna Suryanti Tidak Berpengaruh Bagi PKB dalam Menghadapi Pileg 2024 di Kota Cirebon

Kepindahan Rinna Suryanti Tidak Berpengaruh Bagi PKB dalam Menghadapi Pileg 2024 di Kota Cirebon

Sekretaris DPC PKB Ide Bagus Arief Setiawan menegaskan PKB tidak terpengaruh atas kepergian Rinna Suryanti yang pindah haluan dari caleg PKB ke PAN.-Abdullah-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menyikapi kepindahan salah satu calon legislatif (caleg)-nya ke partai lain, DPC PKB Kota Cirebon mengaku tidak terlalu berpengaruh.

Menurut Sekretaris DPC PKB Kota Cirebon, Ide Bagus Arief Setiawan (IBAS) , pihaknya menghargai keputusan yang diambil Rinna Suryanti yang pindah partai dari PKB ke PAN.

Kepindahan itu, kata Ibas, sebagai hak pribadi yang dijamin konstitusi. Selama belum masuk DCT, kemungkinan migrasi antarbacaleg di tiap partai sangat mungkin terjadi, dan itu lumrah saja.

"Hak dia bermigrasi ke partai lain, PKB tidak bisa melarangnya karena itu hak pribadi Rinna Suryanti," ujar Ibas.

BACA JUGA:Gelar Musdesus, Desa Sindanglaut Mendukung CDOB Cirebon Timur

Ibas bahkan tidak menampik migrasi seperti yang dilakukan Rinna Suryanti ini, Tidak menutup kemungkinan migrasi caleg  antarpartai juga terjadi karena dipengaruhi konstelasi koalisi di tingkat nasional. Alasan-alasan lainnya pun bisa saja menjadi faktor yang melatarbelakangi migrasi.

Ibas membeberkan Di internal PKB semua Caleg diminta turun ke lapangan sedini mungkin, tujuannya  agar dapat menilai strategi kampanye yang dilakukan efektif atau tidak, penerimaan warga dan pemilih bagaimana.

Sehingga  caleg PKB bisa mengevaluasi diri apakah sudah kompetitif untuk bersaing dengan caleg lain dari internal maupun eksternal partai atau belum.

Terkait kekecewaan Rinna Suryanti  ditujukan kepada PKB, menurut Ibas itu jelas subjektif dan salah alamat.

BACA JUGA:Sunatan Massal di Tukkarangsuwung, Antara Peringatan Maulid Nabi dan Upaya Lahirkan Genarasi Islam yang Sehat

Meski demikian, bagi PKB itu bukan persoalan. "Istilahnya ada gebetan baru kan yang namanya mantan pasti  kurang,” ucapnya.

Tapi apapun itu, menurut Ibas, pihaknya  tetap mengucapkan terimakasih kepada PAN yang sudah berkenan menerima dan memfasilitasi salah satu bacaleg yang pernah masuk DCS PKB.

"Terima kasih PAN sudah berkenan menerim dan memfasilitasi caleg PKB yang masuk DCS PKB," tandasnya.

Sementara, pada Selasa 26 September 2023 malam, Rinna Suryanti resmi mendaftarkan diri ke PAN sebagai bacaleg dapil Kecamatan Kejaksan dan Kecamatan Pekalipan.

Rinna diterima langsung oleh Ketua DPD PAN Kota Cirebon Dani Mardani. Rina Suryanti menjelaskan kehadirannya di Kantor DPD PAN Kota Cirebon dalam rangka mendaftarkan diri sebagai anggota PAN sekaligus memjadi bacaleg PAN dapil Kejaksan dan Pekalipan.

BACA JUGA:Pasar Caplek Diresmikan, Ini Harapan Bupati Cirebon

"Terima kasih kepada keluarga besar DPD PAN Kota Cirebon karena sudah menerima saya," kata Rinna.

Dengan PAN, Rinana merasa berjodoh dan dia siap memenangkan PAN pada pemilu 2024.

Ketua DPD PAN Kota Cirebon, Dani Mardani mengaku sejak lama menunggu kedatangan Rinna Suryanti untuk hadir di Partai PAN.

Karena sebelumnya sudah bertemu beberapa kali dalam kesempatan acara, namun belum melakukan komunikasi lebih dalam mengenai ranah politik.

"Saya ketemu pertama justru saat papasan di Toilet," kata Dani.

BACA JUGA:Sebutan Baru Persib Bandung, Tukang Prank Lawan

Ketika dapat informasi mengenai Rinna Suryanti turun ke dunia politik, kata Dani. saya langsung melakukan komunikasi dengan orang terdekat Rinna Suryanti.

Bagi Dani, Rinna Suryanti merupakan sosok yang satu frekuensi dengan dirinya dan dengan berjalannya waktu ada keyakinan dalam batinnya jika Rinna Suryanti akan memilih Partai PAN sebagai kendaraan politik dalam pencalegannya.

"DPD PAN Kota Cirebon akan melakukan perlakuan yang sama dengan kader dan caleg yang lainnya," tegas Dani.

Menurut Dani, siapa pun yang terpilih nanti berasal dari kader PAN. Maka dia menitipkan kepada seluruh kader PAN yang maju sebagai calon anggota legislatif harus serius dalam menjalankan tugas masing-masing. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase