Bisa Terjerat sepert Pinjol, Simak Kelebihan dan Kekurangan SPayLater dari Shopee

Bisa Terjerat sepert Pinjol, Simak Kelebihan dan Kekurangan SPayLater dari Shopee

Kelebihan dan kekurangan SPayLater dari Shopee.-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COMSPayLater atau Shopee PayLater tentu memiliki kelebihan dan kekurangan di mata pengguna.

Untuk yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, fitur ini justru bisa membuat terjerat layaknya utang pinjaman online atau pinjol.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon, Moh Yudi Mahadianto menjelaskan, selain melihat kelebihan dan kekurangan fitur bayar nanti seperti Shopee PayLater, pengguna juga harus teredukasi terlebih dahulu.

Menurutnya, marak kasus paylater gagal bayar sekarang ini, karena penggunaan yang tidak bertanggung jawab. Sehingga membuat seseorang justru terkena masalah, seperti terlilit hutang pinjol.

BACA JUGA:Paylater Aman dan Fleksibel: Berapa Kali Shopee Paylater Bisa Dicicil?

"Bunga 2 persen per bulan, itu sangat besar. Jadi hati-hati menggunakan paylater apapun," kata Yudi, kepada radarcirebon.com belum lama ini.

Dia menegaskan syarat utama seseorang menggunakan PayLater seperti yang tersedia di Shopee adalah memiliki penghasilan dan kesanggupan membayar.

Sebab, sebaik-baiknya penggunaan paylater adalah sebagai perencanaan untuk pengeluaran. Justru bukan membuat seseorang menjadi jor-joran belanja dan menggunakannya.

"Jadi kalau tidak punya penghasilan, jangan berani-berani memakai paylater, karena bunganya itu 2 persen per bulan. Bisa membuat terjerat seperti pinjol," tegasnya.

BACA JUGA:Shopee Paylater: Penagihan ke Rumah, Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Seperti diketahui, pengguna dari Shopee PayLater kian bertambah banyak seiring dengan berjalannya waktu. Aplikasi dan fitur bayar nanti ini, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihan SPayLater

Bentuk layanan satu ini menjadi solusi dan pilihan yang tepat bagi yang membutuhkan dengan jangka waktu yang singkat dan keterbatasan dana.

Kemudahan cicilan bagi yang tidak memiliki kartu kredit. Seperti yang telah diketahui, pengajuan kartu kredi bank bukanlah hal yang mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: