Jalan Tol Kuningan Bakal Dibangun, Ini Rute yang akan Dilewati, Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Jalan Tol Kuningan Bakal Dibangun, Ini Rute yang akan Dilewati, Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Kementerian PUPR akan membangun Jalan Tol Kuningan yang tersambung dengan Tol Getaci dan Tol Cipali. -BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Pemerintah akan melakukan pembangunan Jalan Tol KUNINGAN dengan trase yang cukup panjang melintasi daerah lereng Gunung Ciremai.

Rencananya Jalan Tol Kuningan merupakan salah satu exit tol dari Tol Cikopo - Palimanan atau Cipali yang direncanakan akan terhubung sampai ke wilayah selatan Jawa Barat.

Pembangunan Jalan Tol Kuningan ini, sudah memiliki desain awal dan dalam pembahasan di Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). 

Berdasarkan rencana pembangunan tersebut nantinya trase jalan dari wilayah Cirebon akan langsung menuju lereng Gunung Ciremai, lalu daerah yang akan dilewati adalah Kecamatan Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Cigadung, hingga ke Kecamatan Darma.

BACA JUGA:WOW! Akan Dibangun Jalan Tol Cipali - Kuningan, Tersambung ke Tol Getaci, Melipir Gunung Ciremai

Kemudian rencana berikutnya adalah menghubungkan ke Jalan Tol Gedebage, Tasikmalaya, Cilacap atau Tol Getaci.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi mengungkapkan, rencana pembangunan ruas tol ini sudah dalam pembahasan di Kementerian PUPR.

Menurut Teddy, tentunya pembangunan ini akan sangat menguntungkan bagi Kabupaten Kuningan. Apalagi ada exit tol di wilayah Desa Linggarjati dan Desa Cigadung. 

"Exit Tol Linggarjati untuk menunjang wisata di Kuningan dan akses masyarakat di wilayah Kuningan Utara," kata Teddy, Sabtu, 30, September 2023.

BACA JUGA:Geger Jembatan Jawa - Bali, Terbang dari Bandara Kertajati Hanya 1 Jam-an, Tiket Rp 500 Ribuan

Kemudian, kata dia, ada Exit Tol Cigadung, Kecamatan Cigugur yang akan menjadi akses ke wilayah Kota Kuningan dan wisata di Kawasan Palutungan. 

Menurut Teddy, pembangunan Jalan Tol Kuningan direncanakan pada tahun 2030 sampai dengan 2035. Sebab, ruas ini cukup panjang.

Seperti diketahui, Kabupaten Kuningan saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Namun, satu-satunya akses ke Kabupaten Kuningan via jalan tol hanya lewat Ciperna. Itu pun masih berjarak sekitar 20-an kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: