PGSD IPB Cirebon Jalin Kerja Sama dengan Unnes Semarang

PGSD IPB Cirebon Jalin Kerja Sama dengan Unnes Semarang

KERJA SAMA: IPB Cirebon melalui Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan kunjungan dan benchmarking ke Prodi PGSD Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (19/9/2023). -ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebagai perguruan tinggi dengan keunggulan di bidang pendidikan dan bahasa, Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon semakin gencar dalam memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak. Hal itu dilakukan demi meningkatkan mutu pendidikan serta menjawab tantangan zaman.

Terbaru, IPB Cirebon melalui Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melakukan kunjungan dan benchmarking ke Prodi PGSD Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (19/9/2023). Rombongan IPB Cirebon dipimpin oleh Kaprodi PGSD, Mochamad Guntur MPd.

Dikatakan oleh Guntur, kunjungan dan Benchmarking tersebut dilakukan guna meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya bagi Prodi PGSD. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi awal untuk melakukan Kerjasama antara IPB Cirebon dengan Unnes Semarang.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan juga sharing session dan diskusi kerjasama. Dimana, salah satu poin yang dibahas, adalah terkait dengan konversi implementasi kurikulum merdeka di Prodi PGSD. Menurutnya sejauh ini baik IPB Cirebon maupun Unnes masih kesulitan dalam mengkonversi beberapa mata kuliah yang tidak inline terhadap prodinya masing masing.

BACA JUGA:BRI Dukung Penyelenggaraan Istana Berbatik Gaungkan Pemberdayaan UMKM Batik sebagai Warisan Dunia

BACA JUGA:REVIEW JUJUR Fintech AdaKami, Bunga Semurah di Iklannya? Simak Review Berikut Ini, Oh Ternyata

Sehingga pihaknya dengan Prodi PGSD Unnes membuat Forum Group Discussion (FGD) dalam satu forum ilmiah. Dimana di dalam forum tersebut terdapat gugus mutu internal, dan pengembangan kurikulum serta operator MBKM. “Dari tiga ahli tersebut kita menemukan rancangan yang tepat. Namun masih belum dibuat buku pedoman yang paten atau yang pakemnya,” ungkap Guntur.

Kendati begitu, melalui kerja sama ini, diharapkan akan memperkuat serta saling melengkapi dalam hal implementasi MBKM di masing-masing perguruan tinggi. Selain itu, kerja sama ini juga semakin memotivasi pihaknya untuk terus memberikan layanan pendidikan yang optimal. Terutama dalam hal peningkatan kapasitas dan kompetensi mahasiswa dalam berbagai hal, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

“Tahun ini, ada banyak sekali mahasiswa PGSD yang berhasil lolos dalam program-program pemerintah, seperti P2MW, PPK Ormawa, MSIB dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa, IPB Cirebon tidak kalah dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia," pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:Teka-teki Venue Persebaya vs Persib Akhirnya Terungkap, Akhirnya Dapat Izin Juga

BACA JUGA:Atome PayLater Apakah Aman? Simak Ulasan Berikut Ini, Tidak Perlu BI Checking

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: