Jalan Tol Kuningan Sudah Masuk RTRW, Ada Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Jalan Tol Kuningan Sudah Masuk RTRW, Ada Exit Tol di Linggarjati dan Cigadung

Rencana pembangunan Jalan Tol Kuningan sudah masuk dalam RTRW. Foto hanya ilustrasi.-BBPJN DKI Jakarta dan Jawa Barat-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM - Pembangunan Jalan Tol KUNINGAN sudah masuk dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW), sehingga tinggal menunggu pelaksanaannya.

Sejauh ini yang diketahui pembangunan Jalan Tol Kuningan direncanakan antara tahun 2030 sampai dengan 2035.

Namun pembangunannya bisa lebih cepat bila masuk dalam rencana infrastruktur pemerintah menggunakan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Hal ini, seperti skema pembangunan jalan tol yang biasa dilakukan di Indonesia. Baik Tol Cisumdawu, Tol Cipali maupun ruas jalannya.

BACA JUGA:Selain Jalan Tol, Pemkab Kuningan - Cirebon Juga Persiapkan Jalan Baru, Namanya Lingkar Utara

Tawaran skema KPBU tersebut pernah juga ditawarkan untuk pembangunan Jalan Tol Indramayu - Kertajati yang direncanakan dibangun sekitar 2024 - 2025 nanti.

Apalagi pembangunan Jalan Tol Kuningan ini sangat strategis karena posisinya akan menghubungkan Jalan Tol Cipali dan yang sekarang dalam tahap pembangunan yakni Jalan Tol Getaci.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna mengatakan, keberadaan jalan tol tersebut akan sangat menguntungkan bagi Kota Kuda.

Sebab, mempermudah akses masyarakat menuju Kabupaten Kuningan baik untuk bepergian maupun aktivitas pariwisata.

BACA JUGA:Tinggal di Kaki Gunung Ciremai? Ini Calon Wilayah yang Dilewati Jalan Tol Kuningan

"Tol ini tersambung dengan Tol Cipali yang sudah ada dan akan terhubung dengan Getaci yang sedang dalam persiapan pembangunan," kata Bagiasna.

Menurut dia, sebagai pemerintah daerah, Kabupaten Kuningan tentu sangat mendukung pembangunan jalan tol ini.

Sebab, keberadaannya akan sangat menguntungkan dan memberikan alternatif akses perjalanan bagi masyarakat.

Apalagi, jalan tol ini akan menjadi yang pertama bagi kota kuda. Sehubungan saat ini akses tol terdekat berada di Ciperna, Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: