Mahasiswa UGJ Memilih Belajar Bersama Legislatif

Mahasiswa UGJ Memilih Belajar Bersama Legislatif

KUNJUNGAN: Mahasiswa UGJ Cirebon dari Fakultas Hukum memadati ruang paripurna DPRD Kabupaten Cirebon, kemarin.-Samsul Huda-radarcirebon.com

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Menjadi mahasiswa tak melulu melakukan aksi demontrasi melalui orasinya.  Banyak cara untuk mengaktualisasikannya. Salah satunya belajar dengan para politisi di legislatif.

Kemarin (19/10) misalnya, puluhan mahasiswa Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Cirebon menyambangi gedung DPRD Kabupaten Cirebon.

Ya, rumah rakyat yang satu ini kerap disebut tempat aspirasi bagi masyarakat melalui perwakilannya di masing-masing daerah pemilihan (dapil).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Teguh Rusiana Merdeka SH mengatakan, kedatangan puluhan mahasiswa ini sebagai implementasi proses pembelajaran dalam bingkai kuliah lapangan. Mereka yang datang itu dari Fakultas Hukum. Relevansinya jelas. Sebab, salah satu mata kuliahnya terkait hukum pemerintah daerah.

BACA JUGA:Begini Rasanya Terbang Keliling Cirebon Pakai Pesawat Cessna

BACA JUGA:Mungkinkah Bandara Cakrabhuwana Cirebon Membuka Penerbangan Komersial? Oh Ternyata

“Karenanya, mereka dituntut untuk datang langsung ke lokasi. Dan DPRD Kabupaten Cirebon ini yang mereka pilih,” kata Teguh,  kemarin.

Teguh mengaku, menyambut baik rombongan mahasiswa. Merekapun dikumpulkan di ruangan Abhimata Paripurna. Di ruang itulah, para mahasiswa menanyakan banyak hal. Salah satunya terkait regulasi.

Termasuk peraturan di DPRD seperti apa, yang bisa mengakomodir kepentingan masyarakat. “Yang ditanyakan juga terkait kedudukan mahasiswa dalam hal penyusunan kebijakan seperti apa,” katanya.

Politisi Golkar itu menegaskan, pertanyaan mahasiswa lebih mengarah pada tugas dan fungsi (Tupoksi) DPRD. Yakni legislasi, budgeting dan controling atau pengawasan. Sementara itu, salah satu dosen UGJ, Siska Karina SH MH menegaskan ada alasan kenapa DPRD Kabupaten Cirebon yang dipilih.

BACA JUGA:Prof Dr Achmad Faqih, Resmi Jabat Rektor UGJ yang Baru

BACA JUGA:Mulai 24 Oktober 2023, WhatsApp Lenyap di Daftar HP Berikut Ini

Aksesnya lebih mudah. Karena, surat permohonan itu, sebetulnya dikirimkan ke beberapa kota/kabupaten. Rupanya, yang memberikan respons dari Kabupaten Cirebon.

Selain itu posisi mahasiswa sendiri, lebih banyak domisilinya di Kabupaten Cirebon. Siska menjelaskan UGJ sendiri sebetulnya sudah bekerjasama dengan beberapa daerah lainnya, selain dengan Kabupaten Cirebon.

“Mereka ini anak-anak semester 3. Merealisasikan salah satu mata kuliah hukum pemerintah daerah. Kami ucapkan terima kasih DPRD sudah menerima. Sehingga kami tidak hanya berteori di kelas. Langsung belajar di gedung dewan,” tuturnya.

Ia pun melihat mahasiswanya antusias. Banyak pertanyaan yang disampaikan. “Tadi mereka tanyakan langsung. Dan itu baik. Untuk melatih mereka agar tidak berpikir terkotak-kota. Itu tujuan dari Fakultas Hukum,” pungkasnya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: