Tradisi Ngunjung Buyut Ki Gede Mayung Diwarnai Keributan Antar Peserta, Kapolres Cirebon Kota: Sudah Damai

Tradisi Ngunjung Buyut Ki Gede Mayung Diwarnai Keributan Antar Peserta, Kapolres Cirebon Kota: Sudah Damai

Keributan antar peserta saat tradisi Ngunjung Buyut Ki Gede Mayung di Desa Mayung, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.-Istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COMTradisi Ngunjung Buyut Ki Gede Mayung yang dilaksanakan Pemerintah Desa Mayung, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten CIREBON, sempat diwarnai peselisihan antar peserta arak-arakan.

Namun, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M Rano Hadiyanto memastikan, keributan antar peserta arak-arakan sudah berhasil di atasi oleh pihak kepolisian dan pemdes setempat.

Para pihak yang berselisih di acara terseut juga telah didamaikan lewat proses mediasi di Balai Desa Mayung.

“Sudah ditangani dan didamaikan,” kata Kapolres Cirebon Kota, saat dihubungi, Senin, 30, Oktober 2023.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Alasan Saham Bandara Kertajati Dijual ke Asing, Oh Ternyata

Dari hasil mediasi dan musyawarah bahwa para korban menerima apabila ada niat baik untuk ganti rugi dan tidak melaporkan ke proses hukum.

Para kuwu dan juragan desa juga bersepakat untuk melakukan upaya penyelesaian terhadap para korban baik materil maupun luka.

Sebagaimana diinformasi bahwa keributan tersebut terjadi di samping Balai Desa Mayung antara peserta ogoh-ogoh dari Desa Babadan dengan peserta Ogoh-ogoh dari Blok Sitempel Desa Mayung yang diduga adanya kesalahpahaman.

Korban dari kejadian tersebut adalah wagraBlok Ki Gayam Desa Buyut yang menderita luka robek pada bagian bawah mata sebelah kiri dijahit diduga lukan cakaran.

BACA JUGA:Pengendara Bisa Melintasi Jalan Baru Kuningan, Tapi Ada Syaratnya

Pertemuan mediasi tersebut dilaksanakan pukul 16.00 WIB dihadiri Kasat Intelkam Polres Cirebon Kota, AKP Sugiono, kuwu Desa Mayung, Bhainsa dan Bhabinkantibmas.

Kemudian diteruskan dengan mediasi bertempat di Ruang Paseban, Balai Desa Mayung yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota AKP Anggi Eko Prasetyo.

Kedua belah pihak kemudian sepakat berdamai lewat agenda mediasi tersebut dan tidak membawa persoalan ini ke ranah hukum.

Seperti diketahui, Pemerintah Desa Mayung, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, menggelar tradisi Ngunjung Buyut Ki Gede Mayung, pada hari Minggu 29 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: